WELDING SYMBOL

Simbol-simbol khusus yang digunakan pada gambar untuk menentukan mana lasan harus terletak, jenis bersama yang akan digunakan, serta ukuran dan jumlah logam las harus didepositkan di sendi. Simbol-simbol ini telah distandardisasi oleh Welding Society Amerika (AWS). Anda akan datang ke dalam kontak dengan simbol-simbol ini kapan saja Anda melakukan pekerjaan las dari satu set cetak biru. Anda perlu memiliki pengetahuan tentang simbol las dasar dan lokasi standar dari semua elemen simbol las.
Sebuah simbol pengelasan standar (Gbr. 3-43) terdiri dari garis referensi, panah, dan ekor. Garis referensi menjadi dasar dari simbol las. Hal ini digunakan untuk menerapkan simbol las, dimensi, dan data lainnya untuk las. Panah itu hanya menghubungkan garis referensi untuk sendi atau area yang akan dilas. Arah panah tidak memiliki bantalan pada signifikansi dari garis referensi. Ekor simbol pengelasan hanya digunakan bila diperlukan untuk mencakup spesifikasi, proses, atau informasi referensi lainnya.    



Simbol Weld
Simbol las merujuk pada simbol untuk jenis tertentu las. Seperti dibahas sebelumnya, fillet, alur, permukaan, plug, dan slot adalah semua jenis las. Simbol las dasar ditunjukkan pada Gambar 3-44. Pengelasan

Gambar 3-44.-Dasar simbol las.

Gambar 3-45.-Weld simbol diterapkan pada garis referensi.

Gambar 3-46.-Menentukan lokasi las.

Gambar 3-47.-Arrowhead menunjukkan plat miring.
simbol hanya bagian dari informasi yang diperlukan dalam simbol pengelasan. Simbol pengelasan merujuk pada simbol total, yang mencakup semua informasi yang diperlukan untuk menentukan las (s) yang diperlukan.
Gambar 3-45 menunjukkan bagaimana simbol las diaplikasikan pada garis referensi. Perhatikan bahwa kaki vertikal simbol las ditampilkan ditarik ke kiri kaki miring. Terlepas dari apakah simbol adalah untuk fillet, bevel, J-groove, atau flare-bevel las, kaki vertikal selalu ditarik ke kiri.
Gambar 3-46 menunjukkan pentingnya posisi posisi las simbol pada garis referensi. Dalam pandangan Sebuah simbol las adalah pada sisi bawah dari garis referensi yang disebut sisi panah. Lihat B menunjukkan simbol las pada sisi atas dari garis referensi yang disebut sisi lain. Ketika simbol las ditempatkan pada kedua sisi dari garis referensi, las harus dilakukan pada kedua sisi sendi (lihat C).
Bila hanya satu sisi sendi adalah menjadi miring, perlu untuk menunjukkan yang anggota harus miring. Ketika seperti sendi yang ditentukan, panah dari titik-titik las simbol dengan istirahat yang pasti ke arah anggota harus miring. Hal ini ditunjukkan pada Gambar 3-47.
Gambar 3-48 menunjukkan unsur-unsur lain yang dapat ditambahkan ke simbol las. Informasi yang diterapkan pada garis referensi pada simbol pengelasan dibaca dari kiri ke kanan terlepas dari arah panah.
Dimensioning
Pada Gambar 3-48, melihat ada yang ditunjuk lokasi untuk ukuran, panjang, pitch (pusat-ke-pusat spasi), sudut alur, dan akar pembukaan sebuah las. Lokasi ini ditentukan oleh sisi dari garis acuan yang simbol las ditempatkan. Gambar 3-49 menunjukkan bagaimana dimensi diterapkan untuk simbol.

Gambar 3-48.-Elemen simbol las.

Gambar 3-49.-Dimensi diterapkan untuk mengelas simbol.

Gambar 3-50.-Dimensi dari lasan.

Gambar 3-51.-simbol Tambahan.
Gambar 3-50 menunjukkan arti dari simbol-simbol berbagai dimensi las. Perhatikan bahwa ukuran las adalah ditampilkan di sisi kiri simbol las (Gbr. 3-50, view). Panjang dan tinggi lasan fillet ditandai di sisi kanan dari simbol las. Lihat B menunjukkan gabungan tee dengan 2-inci fillet lasan intermiten yang 5 inci terpisah, di pusat. Ukuran las alur ditunjukkan pada tampilan C. Kedua belah pihak 1 / 2 inci, tetapi perhatikan bahwa alur 60 derajat di sisi lain dari sendi dan alur 45-derajat di sisi panah.
Simbol Tambahan
Selain simbol las dasar, satu set simbol tambahan dapat ditambahkan ke simbol las. Beberapa simbol tambahan yang paling umum adalah ditunjukkan pada Gambar 3-51.
Simbol kontur digunakan dengan simbol las untuk menunjukkan bagaimana wajah melas harus dibentuk. Selain kontur simbol, simbol selesai digunakan untuk menunjukkan metode yang digunakan untuk membentuk kontur melas.
Ketika simbol selesai digunakan, hal itu menunjukkan metode selesai, bukan tingkat selesai, misalnya, C digunakan untuk menunjukkan menyelesaikan dengan chipping, M berarti mesin, dan G mengindikasikan grinding. Gambar 3-52 menunjukkan bagaimana kontur dan simbol-simbol selesai diterapkan ke simbol weldng. Angka ini menunjukkan bahwa las harus menyiram tanah. Juga, perhatikan bahwa simbol-simbol yang ditempatkan pada sisi yang sama dari garis referensi sebagai simbol las.

Gambar 3-52.-Finish dan simbol kontur.

Gambar 3-53.-Menentukan informasi las tambahan.
Simbol lain tambahan ditunjukkan dalam gambar 3-51 adalah simbol las-semua-sekitar. Ketika simbol ini ditempatkan pada simbol las, las adalah untuk melanjutkan seluruh sendi.
Lasan yang tidak dapat dibuat di toko diidentifikasi sebagai las lapangan. Jauh las simbol ditunjukkan pada Gambar 3-51. Simbol ini merupakan bendera hitam yang mengarah ke ekor simbol las.
Menentukan Informasi Tambahan
Kadang-kadang diperlukan untuk menentukan proses pengelasan tertentu, jenis elektroda, atau beberapa jenis referensi yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu las. Dalam hal ini, catatan dapat ditempatkan di ekor garis referensi. (Lihat


Gambar 3-55.-Contoh simbol las yang digunakan.
ara. 3-53.) Jika informasi tambahan tidak diperlukan, maka ekor dihilangkan.
Multiple-Weld Simbol
Ketika Anda fabrikasi bagian logam, ada kalanya lebih dari satu jenis las yang dibutuhkan pada sendi yang sama, misalnya, sendi mungkin membutuhkan baik las bevel alur dan las fillet. Dua metode yang menggambarkan simbol-simbol las yang ditunjukkan pada Gambar 3-54. Perhatikan bahwa dalam setiap simbol las, las bevel alur harus diselesaikan terlebih dahulu, diikuti dengan lasan fillet.
Menerapkan Simbol Pengelasan
Gambar 3-55 menunjukkan contoh bagaimana simbol las dapat muncul pada gambar. Angka ini menunjukkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s