Untukmu, Agar Jangan Berduka Ketika Sesuatu Luput Darimu


”Semua sudah direncanakan, dipersiapkan dan diperhitungkan matang-matang sejak jauh hari sebelumnya. Tidak mungkin meleset. Pasti berhasil!!” *)

Besitan seperti itu mungkin ada dalam pikiran kita ketika kita sedang mempersiapkan sesuatu yang sangat berarti dalam hidup kita. Kita sangat memperhitungkan dan mempersiapkan dengan matang. Tapi kadang perhitungan tinggal perhitungan. Rencana tinggal rencana. Takdir berkata lain. Hati kita kecewa, sedih dan dunia menjadi terasa sempit.

Saudariku,..

Pernahkan kita mengalaminya?

Mari kita buka Al-Quran dan temukan obat bagi hati kita yang dirundung duka.

Allah Ta’ala berfirman:

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ (22) لِكَيْلَا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (23)

“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhmahfuz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” “(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Al Hadid: 22-23)

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan tafsir ayat diatas:

“Firman-Nya

{ لِكَيْ لا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ }

(supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu), maksudnya adalah, Kami beritahukan kepada kalian bahwa ilmu Kami dan catatan taqdir kami mendahului segala sesuatu sebelum dia terwujud. Taqdir Kami untuk semua makhluk, telah ada sebelum adanya makhluk itu. Agar kalian memahami bahwa apa yang ditaqdirkan untuk menimpa kalian, tidak akan pernah meleset dan apa saja yang tidak ditaqdirkan untuk kalian, tidak akan menimpa kalian. Karena itu, janganlah kalian berputus asa terhadap apa yang tidak kalian dapatkan, karena sesungguhnya jika telah ditakdirkan niscaya akan terjadi.” (Tafsir Ibnu Katsir, 8/27)

Saudariku,..

Bersabarlah dan bergantunglah pada Allah niscaya hati kita akan terasa lapang.

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh mengagumkan perkara seorang yang beriman, sesungguhnya seluruh perkaranya adalah baik, dan tidak seorangpun memiliki itu kecuali untuk seorang yang beriman, jika ia mendapat kebaikan ia bersyukur, maka hal itu lebih baik untuknya dan jika ia mendapat keburukan ia bersabar, maka hal itu lebih baik baginya.” (HR. Muslim.)

Saudariku,..

Keluhkan kesedihanmu pada Allah

إِنَّمَا أَشْكُو بَثِّي وَحُزْنِي إِلَى اللَّهِ

“Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku” (Qs. Yusuf: 86)

Saudariku,..

Berdoalah kepada-Nya

وَلَمْ أَكُنْ بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيًّا

“Dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, Wahai Tuhanku.” (QS. Maryam: 4)

*) Catatan: Dalam hal seperti ini, penting bagi kita untuk mengucapkan “insyaallah” dan menyerahkan urusan kepada Allah. Simak tulisan Katakanlah Insyaallah Mudah-Mudahan Allah Membantumu Melaksanakannya

Artikel WanitaSalihah.Com
Penyusun: Ummu Said
Murajaah: Ustadz Ammi Nur Baits

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s