LIVE STYLE

Sibuk Jadi Alasan Tak Terapkan Gaya Hidup Sehat

Beberapa olahraga bisa membantu Anda untuk mencegah penuaan dini dan keriput di wajah

Kompas.com – Sebuah survei terbaru dari American Heart Association (AHA) menemukan, kurangnya waktu menjadi menjadi alasan utama mengapa hanya 12 persen orang dewasa Amerika yang secara teratur menjalankan kebiasaan hidup sehat seperti makan yang benar, berolahraga, dan menyikat gigi. Meski survei ini terjadi di Amerika, namun rendahnya kesadaran melakukan gaya hidup sehat juga ditemui di tanah air.

Survei menemukan bahwa sebanyak 80 persen responden mengaku berusaha keras untuk makan setidaknya sembilan porsi buah dan sayuran sehari, dan sekitar 60 persen mengatakan mengalami kesulitan mendapatkan waktu untuk berolahraga sebagaimana yang direkomendasikan – setidaknya 150 menit seminggu untuk aktivitas sedang, seperti jalan cepat.

Survei tersebut juga menunjukkan, sebanyak 25 persen responden tidak pernah menyikat gigi mereka setidaknya dua kali sehari, seperti yang direkomendasikan.

Namun sisi positifnya, hasil survei memperlihatkan bahwa 90 persen responden mengaku bahwa mereka ingin meningkatkan derajat kesehatan mereka.

“Dengan berjalan kaki selama 30 menit , makan lebih banyak buah dan sayuran, menyeimbangkan kalori, melakukan aktivitas fisik untuk mencapai berat badan yang ideal atau menjaga kebersihan mulut – itu semuanya memberikan kontribusi untuk gaya hidup sehat secara keseluruhan,” kata juru bicara AHA, Dr Tracy Stevens, seorang profesor dan ahli jantung, Saint Luke Cardiovascular Consultan, Kansas City.

——————————————————————–

Rahasia Panjang Umur Berkat “Jogging”

KOMPAS.com – Inilah salah satu rahasia panjang umur yang relatif mudah dilakukan dan murah. Ya, rutinlah melakukan lari santai atau jogging setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu. Menurut hasil kajian para ilmuwan, resep sederhana ini dapat memperpanjang usia dan harapan hidup setidaknya hingga enam tahun.

Seperti yang dilaporkan para ilmuwan Denmark, pria atau wanita yang melakukan jogging secara rutin mengalami penambahan rata-rata harapan hidup antara lima hingga enam tahun. Manfaat paling besar dari jogging, kata peneliti, akan diperoleh seseorang bila melakukannya dengan kecepatan lambat atau santai, dan cukup untuk membuat nafas sedikit terengah-engah. Bukannya berlari dengan kecepatan tinggi yang memaksa tubuh bekerja keras.

“Hasil riset kami dengan jelas menjawab apakah jogging bermanfaat untuk kesehatan Anda. Kami bisa mengatakan bahwa jogging secara teratur memperpanjang umur. Kabar baiknya adalah Anda tak perlu melakukannya terlalu keras untuk mendapatkan manfaatnya,” ungkap pakar kesehatan jantung Denmark, Dr Peter Schnohr, yang melibatkan 2.000 pria dan wanita dalam studinya.

Riset tentang jogging yang dilakukan Schnohr merupakan bagian dari penelitian bertajuk Copenhagen City Heart Study.  Riset ini memantau 20.000 pria dan wanita Denmark berusia 20 hingga 93 tahun sejak  1976.

Tim yang dipimpin Dr Schnohr meneliti rata-rata tingkat kematian di antara 1.116 pria dan 762 wanita yang rajin melakukan  jogging selama sekitar 35 tahun. Partisipan juga ditanya berapa lama waktu yang dihabiskan untuk jogging setiap minggu, apakah mereka berlari dengan lamban, sedang atau cepat.

Dibandingkan kelompok yang tak pernah jogging, risiko kematian baik pada pria maupun wanita yang rutin jogging menurun hingga 44 persen. Data menunjukkan, dengan mempertimbangkan  faktor usia, jogging dapat meningkatkan harapan hidup pria hingga 6,2 tahun lebih panjang dan pada wanita 5,6 tahun lebih panjang.

Menurut para peneliti, paling ideal jogging dilakukan selama satu hingga  2,5 jam dalam satu sesi dengan kecepatan sedang. Dalam seminggu, jogging juga sebaiknya dilakukan antara dua hingga tiga kali.

——————————————————————————————————–

Kolesterol Tinggi? Lawan dengan Olahraga

shutterstock

KOMPAS.com — Bila Anda sedang menyasar penurunan kadar kolesterol, maka bergantung pada obat penurun kolesterol saja tanpa pengaturan pola makan dan olahraga adalah tindakan sia-sia. Program penurunan kolesterol harus dilakukan secara multidisiplin.

Menurut dr P Tedjasukmana, SpJP, ahli penyakit jantung dan pembuluh darah, perubahan gaya hidup merupakan lini pertama dalam program penurunan kolesterol jahat. Gaya hidup ini meliputi menghindari makanan tinggi kalori dan sumber kolesterol serta menggantinya dengan makanan sehat dan sumber serat.

Gaya hidup lain yang harus dimodifikasi adalah berolahraga. Bagi Anda yang memiliki faktor risiko penyakit jantung, seperti kegemukan, diabetes, merokok, kolesterol tinggi, dan memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga, maka olahraga sangat disarankan.

Menurut dr Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, penelitian menunjukkan bahwa olahraga akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) 3-6 persen dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sampai 10 persen. Selain itu, kadar trigliserida juga akan ikut turun. “Tentu saja efek ini tidak bisa didapat dari olahraga saja, tetapi juga harus diperkuat dengan diet. Pendekatannya harus multidisiplin,” kata dr Wishnu di sela-sela acara media edukasi mengenai kolesterol jahat yang diadakan oleh Pfizer di Jakarta, Jumat (1/7/2011).

Ia menjelaskan, olahraga meningkatkan ukuran dan jumlah protein pengangkut kolesterol di darah. Adapun lipoprotein berukuran besar tidak bisa ditimbun dalam darah.

Selain itu, orang yang menderita hiperkolesterol adalah orang yang obesitas sehingga penurunan berat badan karena olahraga akan ikut menurunkan kolesterol juga. “Ini adalah efek jangka panjangnya,” katanya.

Menurut dr Wishnu, pada dasarnya tidak ada olahraga yang spesifik menurunkan kolesterol. “Semua olahraga bisa, terutama yang bersifat aerobik dan melibatkan otot-otot besar, seperti berlari, jalan cepat, bersepeda, renang, atau senam,” paparnya.

Yang harus dilakukan agar efek penurunan kolesterol itu dirasakan adalah melakukan olahraga secara rutin. “Lakukan 5 kali dalam seminggu, dimulai dengan 3 kali per minggu lalu meningkat secara bertahap,” imbuhnya.

Perbaikan profil lemak darah membutuhkan waktu beberapa minggu atau bulan, dipengaruhi oleh kadar lipid dan keluaran kalori mingguan. “Olahraganya harus rutin paling tidak selama 12 minggu. Tidak bisa instan,” pungkasnya.

————————————————————————————–

10 Trik Me-“refresh” Otak Anda

shutterstock

KOMPAS.com — Jenuh dengan aktivitas yang sama setiap hari dapat menimbulkan kebosananan dan melemahnya daya konsentrasi. Selain itu, penelitian  ilmiah menunjukkan, otak orang dewasa dapat fokus dan berkonsentrasi secara efektif selama 25 menit, tetapi setelah itu pikiran tidak lagi lagi fokus.

Sibuk bekerja selama seharian cenderung membuat Anda stres dan pikiran menjadi kusut. Khususnya bagi mereka yang berprofesi sebagai penulis dan insinyur yang pekerjaannya secara teratur melibatkan banyak pemikiran. Di saat-saat stres, Anda perlu menyegarkan kembali pikiran, serta mengalibrasi ulang semua fungsinya.

Maka dari itu, ikutilah trik-trik berikut ini untuk dapat membantu menyegarkan kembali pikiran Anda :

+ Musik:  Musik yang menenangkan sangat bermanfaat untuk sumber daya mental Anda. Jernihkan pikiran Anda hanya dengan duduk sambil hanyut dalam musik yang indah. Jika Anda senang bermain musik, itu sangat baik, segera keluarkan piano tua Anda atau unduh aplikasi musik pada handphone Anda dan mulai mainkan.

+ Olahraga: Ibarat pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Berolahraga secara teratur selain dapat menyegarkan pikiran juga dapat menyehatkan badan.

+ Tertawa: Tertawa adalah obat terbaik untuk menghilangkan kebosanan. Tertawa dan humor melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan mood serta perasaan bahagia.

+ Melatih mental: Otak Anda senang ditanya dan sesuatu yang membingungkan.  Jadi ketika Anda merasa lelah belajar atau bekerja, cobalah untuk menyelesaikan suatu pertanyaan yang menyenangkan untuk menguatkan otak Anda.

+ Bersosialisasi: Manusia adalah makhluk sosial. Selain menjadi kebutuhan, bersosialisasi juga dapat menjaga agar otak kita tetap segar. Cobalah berhubungan dengan orang-orang baru ataupun menelepon teman lama. Carilah pembicaraan di luar situasi Anda.

+Tidur pendek: Tak ada yang lebih menyegarkan jika dibandingkan dengan tidur pendek. Segera setelah tidur pendek, Anda akan merasa lebih baik dan lebih bisa menyelesaikan pekerjaan dibandingkan ketika Anda sedang lelah.

+ Hiruplah sesuatu yang berbau enak: Nyalakan lilin beraroma favorit Anda atau hiruplah bau secangkir kopi panas. Menghirup sesuatu yang berbau enak dapat menyegarkan pikiran Anda.

+ Pijat: Pijat adalah cara sempurna untuk meredakan ketegangan dan mengurangi stres. Anda dapat mencoba berbagai jenis pijat pada hari yang berbeda untuk kembali memperkuat diri.

+ Mandi: Mandilah dengar air hangat karena dapat membuat otot serta pikiran Anda menjadi rileks.

+ Berangan-angan: Untuk sesaat, biarkan imajinasi Anda berkelana seperti saat masa kanak-kanak. Hal tersebut juga dapat menyegarkan pikiran sehingga Anda bisa kembali fokus pada tugas di hari-hari berikutnya.

Mulai saat ini, segarkan pikiran dan energi, serta jinakkan stress Anda dengan beristirahat dan melibatkan diri pada kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti di atas. Otak Anda menyukai sesuatu hal yang menggembirakan. (M10-11)

——————————————————————————————————————————-

5 Penyebab Anda Sulit Konsentrasi

KOMPAS.com — Ketika sedang membaca buku atau mengerjakan tugas, pernahkah Anda terpikir untuk segera mengecek e-mail atau sekadar melihat notifikasi pada Facebook dan Twitter? Waspadalah, karena semua data yang Anda terima melalui e-mail, pesan instan, dan ponsel atau pesan suara merupakan penyebab umum Anda kehilangan konsentrasi saat bekerja. Terdapat sejumlah penyebab lain yang dapat membuat Anda tidak fokus. Berikut beberapa yang umum.

1. Informasi yang berlebihan

Kita hidup di dunia di mana teknologi dapat mentransfer data dengan kecepatan lebih dari 1 gigabit per detik. Sayangnya, otak manusia tidak mampu memproses data-data tersebut dengan kecepatan yang sama. Semua gadget, seperti, BlackBerry, iPod, laptop, dan iPad,  melemparkan informasi kepada Anda sehingga memaksa Anda menyelesaikan banyak tugas. Sayangnya, makin banyak tugas yang Anda kerjakan, makin sedikit kemampuan Anda untuk fokus pada satu hal.

Cobalah untuk terorganisasi dalam mengatur informasi. Akan lebih mudah untuk melakukan tugas-tugas jika informasi Anda diorganisasi. Sisihkan juga waktu untuk beristirahat agar bisa kembali fresh dan memulihkan diri.

2.  Kurang tidur 

Kurang tidur menjadi alasan utama mengapa Anda selalu limbung. Kita sibuk pergi dari satu tempat ke tempat lain dan tak jarang tidak memenuhi kebutuhan untuk tidur selama tujuh sampai delapan jam tiap malam. Pada situasi seperti ini, kita akan kehilangan kemampuan untuk fokus pada tugas-tugas.

3. Kurang berolahraga

Sangat sedikit dari kita yang sengaja meluangkan waktu agar bisa berolahraga. Padahal, berolahraga secara teratur tidak hanya membantu Anda menjaga atau menurunkan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kapasitas memori serta  membantu Anda untuk tidur nyenyak pada malam hari.

4. Terlalu banyak stres

Stres memengaruhi pusat kognitif otak. Ketika Anda stres, kecemasan akan membuat Anda makin sulit untuk berkonsentrasi. Cobalah untuk melakukan meditasi agar Anda merasa lebih rileks. Belajar bermeditasi juga dapat memperpanjang durasi Anda untuk fokus pada sesuatu  dan mengurangi rasa cemas.

5. Miskin kepuasan kerja

Pada saat-saat tertentu, kita akan merasa tidak bahagia dengan pekerjaan kita. Namun, ketidakbahagiaan yang terus-menerus bisa menyebabkan miskin kepuasan  kerja sehingga mengakibatkan gangguan total pada pekerjaan Anda. Jika sudah begitu, cobalah untuk pergi ke terapis atau mulai mencari pekerjaan baru.

Lima poin di atas hanya beberapa penyebab yang sering terjadi. Tentu masih terdapat banyak penyebab lain. Pastikan untuk melakukan perubahan gaya hidup guna melawan penyebab-penyebab gangguan. (M10-11)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s