Mengapa Kesempatan Selalu Datang Kepada Orang yang Tidak Pantas

 

Politik dalam dunia kerja merupakan sebuah kenyataan menyedihkan yang dihadapi oleh banyak orang yang belum siap. Selama di bangku sekolah kita selalu diajarkan untuk bekerja keras untuk mendapatkan nilai yang setimpal. Pada saat kita memasuki dunia kerja, banyak hal lain yang mengubah sudut pandang kita dikarenakan budaya dan kebijakan kantor yang jauh berbeda dari saat masih mengenyam pendidikan.

Para pemula, lulusan baru universitas mempertanyakan jenjang karier mereka saat sudah memasuki dunia kerja dan melihat lingkungan kerja yang mereka hadapi.

Sebuah pengalaman dari seorang karyawan mengatakan “Saya pernah bekerja dengan rekan yang tertangkap mencuri dari perusahaan,” ditambah lagi orang tersebut memiliki sifat yang suka memerintah seakan-akan dia adalah seorang atasan. Melihat hal tersebut perusahaan bukan memberi sanksi akan tetapi mengajukan promosi untuk orang tersebut. Hal seperti ini yang sangat menyedihkan dimana untuk mendapatkan promosi hanya karena menjilat atasan semata. Mengapa kesempatan selalu datang kepada orang yang tidak pantas?.

Saran yang dapat diberikan untuk menyelesaikan masalah ini adalah secara personal menyampaikan hal ini kepada manajer HR atau kepada atasan Anda. Mungkin saja ada alasan tertentu mengapa hal seperti ini terjadi di perusahaan tempat Anda bekerja. Jika alsan yang diberikan tidak dapat diterima maka mungkin Anda dapat melaporkan hal ini ke tingkat yang lebih tinggi agar masalah ini dapat diselesaikan. Jika setelah Anda melaporkan masalh serupa masih belum terselesaikan atau bahkan terjadi kembali maka mungkin sudah saatnya Anda pindah, daripada Anda bekerja di perusahaan yang tidak dapat Anda percaya.

Seorang karyawan lain melihat dari sudut pandang yang berbeda, “Jika Anda memiliki mulut yang sedang tidak enak, semuanya akan terasa pahit,”ucapnya. “Jika Anda memiliki pandangan negatif terhadap seseorang maka tidaka ada satu hal yang dapat dilakukan orang tersebut agar terlihat baik di mata Anda. Mungkin saja Anda melihat orang tersebut dari sisi negatifnya sedangkan orang lain, terutama para atasan melihat orang yang sama akan tetapi dari sisi sebaliknya. Sebgaimana hal lain di dunia ini prestasi dan potensi adalah konsep multi dimensi, Mungkin saja sesuatu yang Anda lihat hanyalah satu sisi atau dimensi dari seseorang. Mungkin saja para atasan melihat gambaran yang lebih lengkap, hal positif yang yang dimiliki dapat mengalahkan sisi negatif yang selama ini Anda lihat. Yang terlihat dari atas dibandingkan apa yang terlihat dari bawah atau tingkatan yang sama cukup berbeda. Jadi Anda dapat memilih untuk melihatnya dari beberapa perspektif yang berbeda, mungkin dari sudut pandang yang lebih positif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s