7 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tahukah Anda bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ada sekitar 180 juta orang di dunia yang memiliki gangguan penglihatan, dan sekitar 40-45 juta di antaranya buta? Setidaknya 7 juta orang di dunia menjadi buta setiap tahun. Tragisnya, sebanyak 80% kasus kebutaan dan kehilangan penglihatan yang serius sebenarnya bisa dihindari.

Oleh karena itu, jangan anggap enteng kesehatan mata Anda. Lindungilah mata dan penglihatan Anda dengan tujuh tips berikut:

1. Berhenti merokok

Anda pasti sudah tahu bahwa merokok merugikan kesehatan. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa ada kaitan langsung antara merokok dan masalah mata. Jika Anda perokok, Anda berpeluang mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering dan kerusakan saraf optik. Jika Anda sudah mencoba untuk berhenti merokok sebelumnya dan gagal, cobalah lagi. Studi menunjukkan bahwa semakin banyak Anda mencoba untuk berhenti merokok, semakin besar peluang keberhasilan Anda.

2. Kendalikan tekanan darah dan gula darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak diobati dapat memengaruhi penglihatan dan bahkan menyebabkan retinopati hipertensif, yaitu kerusakan retina karena tekanan darah yang terlalu kuat. Retina adalah lapisan jaringan di bagian belakang mata. Kerusakan retina menyebabkan penglihatan terganggu.

Diabetes adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa. Glukosa darah yang tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan retinopati diabetik dan komplikasi mata lain seperti glaukoma dan katarak. Bila Anda memiliki diabetes, sangat dianjurkan bagi Anda untuk makan makanan yang sehat, memeriksa gula darah secara berkala dan meminum obat atau mengambil suntikan insulin sesuai instruksi dokter.

3. Dapatkan nutrisi terbaik untuk mata

Lindungi mata Anda dengan makanan di piring Anda. Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel-sel mata dan sel-sel tubuh secara keseluruhan dari kerusakan oleh radikal bebas. Buah dan sayuran berwarna-warni cenderung kaya akan antioksidan.

Selain antioksidan, vitamin A secara khusus sangat diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan mata. Vitamin A mendukung produksi rhodopsin yang merupakan pigmen mata yang sangat sensitif terhadap cahaya dan digunakan untuk melihat dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan penyakit yang disebut rabun senja (jawa: kotok ayam) di mana seseorang tidak bisa melihat di cahaya remang-remang. Wortel adalah sumber utama pro-vitamin A.

4. Lindungi mata dari sinar matahari

Paparan sinar matahari terus-menerus dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula. Hal ini karena sinar ultraviolet (UV) dari matahari menembus retina sehingga menyebabkan kerusakan mata. Untuk mencegah sinar UV yang berbahaya, pakailah kaca mata hitam yang dirancang khusus untuk melindungi mata jika Anda berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama. Kacamata tersebut umumnya memberikan perlindungan UV hingga 99% atau 100%.

5. Gunakan pelindung mata

Jika Anda bekerja dengan bahan berbahaya, pakailah kacamata pelindung yang dapat melindungi mata Anda dari cedera, kerusakan, dan kebutaan. Kenakan kacamata atau helm berkaca ketika Anda mengendarai sepeda motor. Olahraga tertentu seperti tenis, hoki dan berenang juga dapat berisiko mencederai atau merusak mata. Pakailah pelindung mata seperti helm dan kacamata olahraga untuk melindungi Anda.

6. Lakukan kebiasaan yang baik untuk mata

Meskipun masalah mata umumnya berhubungan dengan kerusakan atau penuaan, masalah mata juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk. Berfokus pada jarak yang tetap dalam waktu lama, seperti menatap layar komputer atau membaca selama berjam-jam, adalah salah satunya. Otot-otot mata Anda akan terkunci pada posisi yang tetap sehingga kehilangan fleksibilitas, benda-benda yang sangat dekat atau sangat jauh menjadi terlihat kabur. Ambillah jeda istirahat dan alihkan pandangan Anda pada benda-benda yang jauh untuk membantu mencegah masalah ini. Latihan mata secara teratur juga dapat membantu memulihkan dan mencegah masalah penglihatan di masa depan. Contoh latihan mata ini adalah berselang-seling berfokus pada objek yang jauh dan dekat, serta berfokus pada objek yang sama dengan sudut berbeda-beda.

7. Kunjungi dokter mata Anda.

Kunjungilah dokter mata untuk memantau kesehatan mata Anda sebelum masalahnya timbul. Kunjungan ke dokter mata untuk pemeriksaan rutin bisa dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali, lebih sering jika Anda memakai kacamata atau lensa kontak. Segeralah mengunjungi dokter mata jika Anda mengalami infeksi mata atau gejala seperti penglihatan berkurang, penglihatan kabur, mata nyeri/kemerahan dan gatal-gatal di sekitar mata atau kelopak mata karena infeksi atau penyakit mata kronis yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen atau kebutaan.

————————————————————————————

Apa Kata Mata Tentang Kesehatan Anda?

Ghiboo.com – Mata merupakan panca indera manusia yang paling penting. Dapat dibayangkan jika kita mengalami kerusakan mata atau kebutaan.

Namun, mata juga bisa membantu kita untuk mendeteksi berbagai masalah gangguan kesehatan. Berikut ini, beberapa jenis gangguan pada mata yang bisa menjadi sinyal adanya ketidakberesan dalam tubuh, seperti dilansir melalui Huffingtonpost, Senin (12/3).
Ukuran pupil berbeda
Pupil atau lingkaran hitam di tengah bola mata, pada orang normal biasanya simetris. Ukuran dan reaksinya sama saat terkena sinar matahari. Namun, jika salah satu pupil mata Anda terlalu besar atau kecil dari yang lain, mungkin ada terdapat gangguan kesehatan. Para ahli mengklaim bahwa perbedaan pupil dapat menunjukkan bahwa orang tersebut berada pada risiko tinggi mengalami stroke, tumor saraf optik atau tumor otak atau aneurisme otak.
Mata kering

Jika mata Anda selalu kering dan super sensitif terhadap cahaya, bisa jadi itu menjadi sinyal adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh Anda, seperti sindrom Sjogren, gangguan sistem imun dimana sel imun menyerang dan menghancurkan kelenjar eksokrin yang memproduksi air mata dan liur. Penyakit ini harus diwaspadai, sebab kondisi ini memengaruhi wanita berusia lebih dari 40 tahun dengan gangguan autoimun, seperti rheumatoid arthitis atau lupus.
Mata berawan atau katarak (cloudy eyes)
Jika mata Anda seakan berkabut dan penglihatan mata Anda terganggu, bisa saja Anda memiliki katarak. Hal ini menyebabkan kekeruhan di lensa dalam mata dan harus dioperasi untuk menormalkan penglihatan. Kondisi ini sering terjadi pada orang lanjut usia. Namun, anak muda juga berisiko dan biasanya disebabkan efek samping dari penyakit diabetes, tumor dan pengonsumsian obat tertentu.
Mata gatal

Meskipun ada banyak hal yang dapat menyebabkan rasa gatal di sekitar mata, alasan yang paling umum dapat menunjukkan adanya reaksi alergi. Mata dan daerah sekitarnya merupakan bagian yang sensitif dan lebih rentan terhadap infeksi dan alergi. Pemicu lain bisa saja dari debu atau bulu binatang.
Jika mata Anda gatal dan merah, coba atasi dengan antihistamin untuk mengurangi kemerahan atau kunjungi dokter untuk dilakukan tes alergi. Jika mata dan kelopak mata Anda bengkak dan sakit, bisa pertanda bahwa Anda kurang tidur.
Mata Abu-abu

Jika mata Anda timbul seperti cahaya cincin di sekitar kornea mata, mungkin Anda mengidap arcus senilis, yang sering dikaitkan dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi, yang bisa menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jika melihat ada cincin berwarna abu-abu yang melingkari mata Anda, segera kunjungi dokter untuk membahas perubahan diet Anda.
Menjadikannya organ penting sekaligus panca indera, tentu saja mengharus setiap orang untuk selalu menjaga kesehatan mata. Mata yang sehat tentu saja dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.
Namun, mata juga bisa membantu kita untuk mendeteksi berbagai masalah gangguan kesehatan. Yuk kita lanjutin, beberapa jenis gangguan pada mata yang bisa menjadi sinyal adanya ketidakberesan dalam tubuh, seperti dilansir melalui Huffingtonpost, Senin (12/3).
Alis mata menipis
Alis mata memang bisa menjadi lebih tipis dengan bertambahnya usia, namun bisa jadi hal ini menandakan adanya disfungsi tiroid. Kehilangan rambut alis bisa menjadi tanda umum dari hipertiroid (tiroid terlalu aktif) atau hipotiroidisme (tiroid tidak terlalu aktif). Tiroid membantu mengatur metabolisme dan hormon tiroid sangat penting untuk produksi rambut. Jika Anda memiliki gejala tersebut, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.
Mata berair
Menurut Larry Benjamin, dokter mata di The Royal College, mata berair kemungkinan besar terdapat infeksi yang disebabkan oleh virus. Jika penglihatan Anda menjadi kabur, bisa jadi Anda mengalami Computer Vision Syndrome (CVS) yang disebabkan kelelahan mata karena memandang layar komputer. Hal ini membuat mata bekerja lebih keras berfokus pada piksel di layar.
Benjolan kuning
benjolan kuning, atau dikenal dengan xanthelasma palpebral, biasanya muncul di kelopak mata dan bisa menjadi sinyal peringatan bahwa kadar kolesterol Anda sangat tinggi. Benjolan ini merupakan timbunan lemak yang mengumpul dan tumbuh di kelopak mata. Berhati-hati, terkadang bencolan ini menjadi tanda awal dari penyakit arteri korener.
Jika Anda melihat ada titik berwarna pada kelompak mata, bintik-bintik cokelat tertentu, segera temui dokter. Bintik tersebut bisa menjadi tanda awal dari kanker kulit, yang biasanya muncul pada bagian bawah kelopak mata dan akan terlihat berwarna kecokelatan dengan pembuluh darah kecil.
Mata berdarah
Jika mata Anda selalu berdarah dengan pembuluh darah yang pecah sehingga membuat mata Anda bernoda kotor dan terasa sakit, ini bisa menjadi sinyal bahwa Anda memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi menyebabkan pembuluh darah di retina menjadi kaku dan terpelintir yang menyebabkan mata menjadi merah. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko stroke, sehingga harus segara menemui dokter untuk pengobatan.
Bagian mata yang putih berubah jadi kuning
Jika bagian putih mata Anda berubah menjadi kuning dan bukan putih mutiara, ada kemungkinan Anda menderita penyakit kuning, yang berkaitan dengan masalah di hati dan kandung empedu. Perlu dilakukan tes darah untuk mengonfirmasikan penyakit tersebut, jadi jika Anda ragu segera hubungi dokter.
………………………………………………………………………………………………………………………………………

Mata Sehat Berkat Multivitamin

07/08/2008 | Baca : 1475 | Komentar : 0Ada pepatah yang mengatakan mata kita adalah jendela menuju dunia. Itu sebabnya, kesehatan mata harus selalu dijaga jika kita tetap ingin menikmati keindahan dunia.
Perawatan mata dapat juga dilakukan dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin tertentu.

Mengapa kualitas indra penglihatan manusia, seiring dengan pertambahan usia, akan mengalami penurunan? Salah satu penyebabnya adalah sinar matahari. Padahal, sinar matahari selalu kita hadapi setiap hari, tidak peduli saat sedang beraktivitas maupun sedang santai.

Sel-sel di dalam lensa mata menghasilkan seperangkat protein yang dinamakan kristalin. Protein tersebut berfungsi seperti serat optik, yang akan menyaring cahaya melalui lensa ke retina. Unsur warna  merah, biru, hijau, kuning, dan ultraviolet (UV) dapat menembus lensa transparan pada mata. Dari semua unsur-unsur tersebut, sinar UV dapat merusak lensa, sedangkan sinar biru berpotensi merusak retina, yang berperan sebagai membran sensor pelapis mata, serta penerima gambar-gambar bentukan lensa.

Selain itu, hasil proses alami metabolisme, seperti radikal bebas, ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan mata. Jika tidak dinetralisasikan oleh antioksidan, oksidasi yang terlalu lama dapat berpeluang merusak lipid, protein, dan komponen lensa mata lainnya sehingga lensa mata akan semakin keruh. Kekeruhan tersebut biasanya disebut sebagai katarak.

Antioksidan dalam hal ini adalah senyawa pada makanan yang membantu dipertahankannya sel dan jaringan pada lensa dan organ-organ sehat lainnya. Di dalam lensa mata, terkandung sejumlah besar vitamin C dan vitamin E. Gizi yang protektif dan kaya antioksidan merupakan solusi termurah dan praktis untuk mencegah katarak.

Penelitian membuktikan bahwa wanita dengan konsumsi vitamin C, vitamin E, riboflavin, folat, dan beta karoten yang tinggi ternyata memiliki kecenderungan lebih kecil untuk menderita kekeruhan lensa mata dibandingkan wanita yang mengonsumsi nutrisi lebih rendah. Mereka yang mengonsumsi suplemen vitamin C selama sedikitnya 10 tahun juga cenderung terhindar dari kekeruhan lensa mata dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsi suplemen vitamin C.

Wanita yang secara teratur mengonsumsi vitamin E tidak akan mengalami kerusakan cepat pada lensa mata. Laju peningkatan kekeruhan lensa mata lebih rendah 30% di kalangan wanita yang mengonsumsi suplemen vitamin E selama sedikitnya 10 tahun dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsi vitamin E.

Nutrisi semakin diyakini perannya dalam membantu mempertahankan daya penglihatan. Meskipun operasi masih dianggap sebagai solusi paling masuk akal untuk penderita katarak, namun biayanya jelas tidak murah. Itu sebabnya, konsumsi multivitamin menjadi pilihan yang menarik untuk mempertahankan kesehatan mata.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Perawatan Khusus Mata Anda

07/08/2008 | Baca : 1138 | Komentar : 0Jika Anda ingin tampil cantik sempurna, sebaiknya Anda jangan mengabaikan perawatan mata karena mata memang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kecantikan. Meski riasan wajah Anda sederhana, tapi Anda tidak melakukan perawatan mata, maka kedua mata Anda tidak akan terlihat sempurna dan merusak penampilan Anda.

Kulit seputar mata sangatlah peka karena lebih tipis daripada kulit bagian wajah lainnya sehingga tidak heran bila bagian inilah yang pertama kali menampakkan tanda penuaan seperti garis halus, kantung mata, dan lingkaran gelap. Penuaan alami akan semakin terlihat jika Anda sering mengeryitkan mata atau menggosok mata sehingga menimbulkan kerutan pada wajah Anda. Sebenarnya ada beberapa faktor lain yang juga bisa merusak penampilan mata Anda.

Sinar matahari. Sinar UVA dari matahari akan membuat kulit di seputar mata menjadi gelap, sedangkan UVB akan membuat timbulnya kerutan. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda menggunakan pelembap mata yang mengandung tabir surya.

Asap rokok. Sebenarnya asap rokok sama saja dengan asap knalpot yang merupakan polutan yang sarat akan radikal bebas yang mampu menghancurkan sel-sel kulit dan mempersempit aliran darah, sehingga otomatis asupan gizi terhambat. Panas dari asap rokok juga akan membuat kulit kering. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda menggunakan pelembab mata yang mengandung antioksidan agar melindungi Anda dari radikal bebas.

Rias mata sama pentingnya dengan rias bagian wajah lainnya, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini.

Eyeliner. Jika anda ingin memberi kesan mata terlihat segar maka Anda bisa kenakan eyeliner putih pada bagian dalam kelopak mata bawah. Bila Anda ingin memberi kesan mata yang lebih besar, maka Anda bisa memilih eyeliner hitam lalu oleskan pada garis kelopak atas dan bawah. Sebaiknya Anda kenakan eyeliner cair untuk memberikan kesan garis mata yang lebih tegas karena eyeliner cair relatif akan lebih sulit dioleskan daripada pensil karena memang membutuhkan ketelitian.

Eyeshadow. Yang harus Anda miliki adalah nuansa kecoklatan dari krem muda hingga coklat gelap. Anda bisa memilih nuansa muda seperti putih, krem, beige yang bisa dikenakan sebagai highlight pada bawah alis. Warna yang lebih gelap bisa Anda gunakan pada kelopak mata. Bagi Anda yang mengenakan kacamata minus, maka Anda bisa memilih warna yang alami seperti nuansa kecoklatan dalam tekstur matte sebagai penyeimbang riasan mata Anda. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan lensa plus, maka Anda bisa mengenakan nuansa warna yang lebih tegas agar mata Anda terlihat besar.

Untuk menyamarkan lingkaran gelap pada bawah mata, Anda bisa mengenakan concealer. Jika kulit Anda terang, maka Anda bisa memilih yang warnanya satu nada lebih terang dari warna kulit Anda. Sedangkan untuk kulit sawo matang dan gelap, maka Anda bisa memilih yang warnanya hampir sama dengan warna alami kulit Anda. Sebagai ganti concealer, Anda bisa mengoleskan foundation pada bagian lingkaran gelap mata Anda.

Selamat mencoba.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Kelelahan Pada Mata

19/04/2010 | Baca : 4638 | Komentar : 1Kelelahan pada mata sering disebut dengan istilah Computer Eye Syndrome atau asthenopia dalam bahasa kedokterannya.

Computer Eye Syndrome adalah suatu keadaan mata yang bermanifestasi tidak spesifik seperti lelah, nyeri, penglihatan kabur, sakit kepala dan sebagainya akibat penggunaan komputer yang belebihan setelah sebab lainnya disingkirkan. Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah menata kembali pengaturan monitor serta ruangan bekerja, agar efek buruk Computer Eye Syndrome ini dapat diminalkan.

Comfortable Viewing Position

Melihat suatu objek yang dekat membuat otot-otot mata kita bekerja secara ektra. Anda dapat mengusahakan agar otot mata Anda lebih releks. Salah satu caranya dengan menata ulang tatanan monitor Anda. Berikut adalah tips mengaturnya:

  1. Usahakanlah monitor Anda berjarak kurang lebih sepanjang lengan dari mata Anda (±50cm)
  2. Letakan monitor lebih rendah dari mata Anda
  3. Usahakan monitor memiliki kemiringan 10 – 20 derajat dari bidang vertikal sehingga memudahkan Anda melihatnya
  4. Letakan monitor di meja kerja (jangan letakan di atas CPU)
  5. Usahakan monitor dan keyboard dalam orientasi satu arah, hal ini berguna untuk mengurahi ketegangan pada leher.

Proper Document Place

Jika Anda membutuhan dokumen kertas dalam bekerja, letakan dokumen Anda juga dalam orientasi arah yang sama dengan komputer Anda. Tempat yang terbaik adalah sebidang dengan layar monitor Anda. Bagaimana caranya? Gantunglah dokumen di sebelah monitor. Jika hal ini tidak memungkinkan, Anda dapat meletakannya secara vertikal sejajar dengan monitor. Hindari meletakkan dokumen pada meja, di samping monitor (tidak sebidang). Hal ini akan membuat mata Anda bekerja jauh lebih keras.

Light Intensity

Tehnik pencahayaan ini disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang hendak Anda lakukan. Jika Anda bekerja dengan komputer saja tanpa dokumen, contohnya merancang suatu program komputer, pencahayaan yang agak redup akan berguna untuk meningkatkan konsentrasi Anda pada layar monitor. Namun ada hal yang perlu diperhatikan yaitu pencahayaan yang dihasilkan harus seragam. Hal ini mencegah mata menerima cahaya terang dari satu arah saja yang akan menimbulkan kelelahan mata juga.

Namun jika pekerjaan Anda menuntut Anda memperhatikan objek di luar layar monitor, semacam dokumen misalnya, maka pencahayaan ruangan yang terang akan menjadi lebih baik bagi mata Anda. Apalagi bila objek yang dokumen yang Anda gunakan bertulisan kecil dan penuh dengan detail. Pencahayaan alami seperti sinar matahari dapat menjadi sumber pencahayaan yang baik. Namun Anda memerlukan tambahan alat lain, seperti tirai, untuk mengatur intensitas pencahayaan alami tersebut. Tirai yang digunakan pun jangan tirai sembarangan. Ginakanlah tirai kain berlubang kecil merata, agar sinar yang dihasilkan pun bersifat seragam.

Light Intensity

Tehnik pencahayaan ini disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang hendak Anda lakukan. Jika Anda bekerja dengan komputer saja tanpa dokumen, misal, merencang suatu program komputer, maka pencahayaan yang agak redup akan berguna untuk meningkatkan konsentrasi Anda pada layar monitor. Namun ada hal yang perlu diperhatikan yaitu pencahayaan yang dihasilkan harus seragam. Hal ini mencegah mata menerima cahaya terang dari satu arah saja yang akan menimbulkan kelelahan mata juga.

Namun jika pekerjaan Anda menuntut Anda memperhatikan objek di luar layar monitor, semacam dokumen misalnya, maka pencahayaan ruangan yang terang akan menjadi lebih baik bagi mata Anda. Apalagi bila objek yang dokumen yang Anda gunakan bertulisan kecil dan penuh dengan detail.

Pencahayaan alami seperti sinar matahari dapat menjadi sumber pencahayaan yang baik. Namun Anda memerlukan tambahan alat lain, seperti tirai, untuk mengatur intensitas pencahayaan alami tersebut. Tirai yang digunakan pun jangan tirai sembarangan. Ginakanlah tirai kain berlubang kecil merata, agar sinar yang dihasilkan pun bersifat seragam.

Antiglare Screen

Selain pantulan cahaya, Anda juga disarankan untuk menghindari pantulan benda-benda lain di sekitar monitor Anda. Sekarang sudah banyak dijual monitor yang berlayar datar dan telah dilapisi dengan antiglare coating. Hal ini sangat menguntungkan dalam mengurangi efek pantulan. Namun bagi Anda yang masih menggunakan monitor berlayar cembung, tak ada salahnya jika Anda coba menggunakan antiglare screen yang sudah lama banyak di pasaran.

Suitable Surround

Beban mata Anda akan bertambah jika Anda memperhatikan layar monitor dimana cahaya sekeliling monitor lebih terang dari pada monitor itu sendiri. Oleh karena itu hindari untuk menempatkan sumber cahaya di belakang layar monitor. Meletakan layar monitor di dekat jendela pun tidak dianjurkan.

Monitor Characteristic

Usahakan monitor Anda diatur dengan tingkat kontras dan brightness yang optimal sehingga gambaran yang dihasilkanpun menjadi lebih jelas. Hal ini pun akan mengurangi kerja mata Anda. Perubahan ini dapat Anda lakukan secara manual pada monitor Anda dan juga melalui pengaturan kontras system operasi komputer Anda (contohnya control panel pada sistem operasi windows).

Color Display

Pemilihan warna pada background sheet dan tulisan yang kontras juga cukup berpengaruh. Tampilan background putih dengan tulisan berwarna hitam merupakan tampilan yang paling jelas dan paling dianjurkan. Background dan tulisan yang berwarna akan mengurangi kontras, sedangkan background hitam dan tulisan putih akan menimbulkan pantulan yang tidak menguntungkan. Keduanya kurang dianjurkan.

Sumber: dr. Pandudiputra

…………………………………………………………………………………..

Iklan

2 responses to “7 Tips Menjaga Kesehatan Mata

  1. Terimakasih atas infonya yang sangat lengkap dan bermanfaat…
    Mata merupakan salah satu aset penting bagi manusia, dengan menjaga kesehatan mata kita juga menjaga aset penting tersebut. Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan bergizi dan jika dibutuhkan bisa juga ditambah dengan suplementasi yang dapat menunjang kesehatan mata 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s