jantung

Tulang Kuat Dan Jantung Sehat

12/08/2008 | Baca : 1272 | Komentar : 0

Ada berbagai faktor risiko yang berperan meningkatkan jumlah penderita penyakit kardiovaskuler, terutama akibat gaya hidup yang tidak sehat. Merokok, kelebihan berat badan, stres, serta berbagai penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi adalah faktor risiko yang terkait erat dengan pola makan kaya lemak, gula dan garam, serta gaya hidup yang cenderung kurang melakukan aktivitas fisik.Ingin tulang dan jantung sehat berkut tipsnya:

Mempertahankan dan meningkatkan kekuatan tulang serta kesehatan jantung dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, dengan mengonsumsi kalsium dalam jumlah cukup. Kalsium adalah salah satu mineral utama dalam tulang kita. Makanan sumber kalsium adalah susu dan olahannya (misalnya keju, yogur). Untuk mengetahui apakah kebutuhan kalsium anda telah terpengaruh atau belum,anda dapat melihat pada label.

Selain kalsium, zat gizi lain yang dibutuhkan untuk mendapatkan jantung yang sehat adalah omega 3. menurut penelitian di tuft university,Amerika serikat, omega 3 dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Keduanya merupakan asam lemak yang penting dalam metabolisme enzim.karena itu rasio omega -6 dan omega-3 akan secara signifikan mempengaruhi hormon dan akan mengubah fungsi metabolisme tubuh. Asupan omega 3 dan omega 6 bisa diperoleh dari sumber utamanya,yaitu ikan laut dalam (contoh: salmon). Padahal biasanya masyarakat kita jarang mengonsumsi bahan makanan seperti itu.

Zat lain yang penting dikonsumsi adalah antioksidan, yaitu molekul yang dapat mencegah atau memperlambat proses oksidan molekul lainnya. oksidasi merupakan reaksi kimia yang menghasilkan radikal bebas. Radikal ini akan memulai sesuatu reaksi berantai yang merusak sel-sel tubuh. Antioksidan dapat mencegah terjadinya reaksi berantai ini dengan membuang zat-zat  perantara dan mencegah oksidasi berikutnya. Menurut American journal of clinical Nutrition, pola makan yang tinggi  antioksidan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah serta kematian pada wanita hingga 10-22%.

Berolahraga penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan jantung. Menurut penelitian, hanya 9% dari keseluruhan penduduk indonesia yang rutin melakukan olahraga. Padahal data WHO menunjukkan bahwa 43% penyakit di dunia ini disebabkan salah satunya oleh kurang gerak.

Secara umum kita dianjurkan untuk melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya, atau tiga kali seminggu dengan intensitas satu jam. Olahraga yang bermanfaat untuk tulang dan jantung sekaligus adalah kombinasi dari olahraga aerobik (joging, bersepeda) dengan olahraga angkat beban ringan.

…………………………………………………………..

Sarapan Dapat Cegah Penyakit Jantung

22/10/2008 | Baca : 1196 | Komentar : 0

Banyak orang yang tidak melakukan sarapan pagi dikarenakan kesibukan di pagi hari untuk segera berangkat kerja atau sekolah. Atau mungkin juga karena anggapan yang salah, bahwa dengan tidak sarapan pagi akan membantu menurunkan berat badan.

Sebaliknya, tidak mengonsumsi sarapan pagi diketahui dapat menyebabkan berat badan bertambah dan berisiko untuk menderita penyakit jantung. Wanita sehat yang tidak sarapan selama dua minggu akan mengonsumsi makanan yang lebih banyak pada siang dan malam harinya. Hasilnya, kadar kolesterol LDL (kolesterol ‘buruk’) akan meningkat dan kepekaan terhadap hormon insulin akan menurun, dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi sarapan pagi setiap harinya.

Kadar kolestorol LDL yang tinggi dan gangguan kepekaan insulin merupakan faktor risiko utama untuk menderita penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari sarapan maupun tidak sarapan pagi terhadap kalori yang masuk dan dibakar sepanjang hari dan hubungannya dengan insulin, kadar kolesterol dan glukosa pada 10 wanita sehat dengan berat badan normal.

Selama dua minggu, wanita tersebut mengonsumsi sarapan pagi yang berisi semangkuk sereal dengan 2% susu pada jam 7 dan 8 pagi. Kemudian pada jam 10.30 dan 11.00, mereka diberikan makanan kecil berupa permen batangan. Kemudian mereka mengonsumsi dua menu tambahan dan makanan ringan setiap harinya.

Setelah dua minggu berlalu, para wanita tersebut mengikuti panduan baru dengan tidak mengonsumsi sarapan pagi. Dan hanya mengonsumsi sereal di waktu makan siang, sekitar pukul 12 siang. Kemudian mereka mengonsumsi dua menu tambahan dan makanan ringan setiap hari selama dua minggu tersebut.

Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi sarapan pagi, kalori yang masuk lebih rendah 100 kalori dibanding dengan saat mereka tidak mengonsumsi sarapan pagi. Dan kolesterol ‘buruk’ (LDL) lebih rendah pada saat mereka mengonsumsi sarapan pagi. Selain itu, sarapan pagi membuat respon insulin juga lebih baik, yang berarti risiko untuk menderita diabetes juga menurun.

Walaupun tidak ada perbedaan berat badan bila mengonsumsi sarapan pagi maupun tidak, tapi dengan peningkatan kolesterol dan kadar insulin saat tidak mengonsumsi sarapan pagi membuat mereka berisiko untuk menderita penyakit jantung di kemudian hari.

Sumber: The American Journal of Clinical Nutrition

……………………………………………………………………………………….

Bagaimana Memiliki Jantung yang Sehat?

23/10/2008 | Baca : 1195 | Komentar : 0

Risiko serangan jantung tergantung pada pola hidup seseorang. Pengendalian terhadap faktor risiko tersebut akan membantu seseorang terhindar dari jantung koroner. Lakukanlah sedikit perubahan pola hidup untuk mendapatkan banyak manfaat.

Masalah rokok

  1. Menjaga diri, teman dan keluarga untuk tidak merokok. Merokok merupakan salah satu penyebab kanker, penyakit jantung, penyakit pembuluh darah dan stroke.
  2. Seseorang yang berada di sekitar perokok, memiliki 70% risiko menderita penyakit akibat rokok.
  3. Menerapkan pola hidup sehat diawali dengan mengupayakan lingkungan rumah atau tempat-tempat umum sebagai area bebas asap rokok.

Kurang gerak

  1. Melakukan olahraga secara teratur sebagai bagian dari hidup Anda.
  2. Melakukan gerak jalan cepat selama 30 menit sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.
  3. Segera konsultasikan dengan dokter, bila ada hal-hal yang kurang enak di tubuh Anda agar dokter dapat memilihkan olahraga yang cocok.
  4. Jagalah agar berat badan tetap ideal. Kegemukan dapat memperburuk risiko kematian dini akibat penyakit jantung dan pembuluh darah, hipertensi, atau stroke.

Berat badan bagi kaum perempuan

  1. Perempuan hendaknya berhati-hati dengan berat badan, tekanan darah, diabetes, dan meningkatnya kolesterol.
  2. Lakukan diet seimbang dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, mengonsumsi daging yang tidak berlemak, cara memasak sesuai anjuran kesehatan, serta menghindari gorengan, santan dan garam yang berlebihan.
  3. Bagi penderita diabetes hendaknya mengontrol gizi yang baik sesuai takaran yang dianjurkan.
  4. Periksa kesehatan secara teratur.

Usahakan kurangi stres

Stres yang terus menerus dapat berakibat terkena penyakit jantung. Anda dapat mengurangi stres dengan waktu Anda sendiri, misalnya dengan melakukan kegiatan fisik atau olahraga, menjadi pekerja sosial, atau mengerjakan kegiatan sosial lainnya.

Menanamkan pentingnya kesehatan jantung

Tanamkan kepada anak-anak sejak dini tentang cara menjaga jantung agar tetap sehat dan kuat, misalnya:

  1. Hidup dengan gaya hidup sehat
  2. Mengajarkan kebiasaan olahraga yang sehat secara teratur
  3. Mengurangi kebiasaan konsumsi gula, garam dan makanan-makanan yang tidak sehat
  4. Memperbanyak konsumsi sayur, buah dan kacang-kacangan.

Keadaan di hari tua, bagaimana memulainya di waktu muda

  1. Mencegah penyakit jantung sejak remaja tentu akan menurunkan risiko di hari tua terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah.
  2. Biasakan dengan gizi seimbang, aktivitas fisik yang teratur, tidak merokok, kurangi konsumsi makanan cepat saji dengan karbohidrat dan lemak yang tinggi, serta sediakan waktu untuk berolahraga.
  3. Dianjurkan mengontrol tekanan darah selama hamil secara teratur. Kurangnya kontrol kesehatan dan tekanan darah dapat mengganggu Anda saat hamil. Bukan saja membahayakan si ibu, tapi juga bagi janin yang dikandungnya.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Makanan Sehat Untuk Jantung

22/07/2010 | Baca : 4081 | Komentar : 0 Makanan yang Anda konsumsi secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Berikut ini beberapa makanan yang dianggap baik untuk jantung, antara lain: Oatmeal Oatmeal kaya akan asam lemak omega-3, folat dan kalium. Selain itu, makanan kaya serat ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan mencegah pembentukan plak di dinding arteri. Minyak zaitun Minyak zaitun kaya akan lemak tunggal tidak jenuh. Minyak zaitun membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan menurunkan risiko penyakit jantung. Salmon Ikan yang kaya asam lemak omega-3 ini efektif menurunkan tekanan darah dan mencegah pengentalan darah. Cobalah mengonsumsi dua takar salmon per minggu. Cara ini bisa mengurangi risiko meninggal akibat serangan jantung hingga 33%. Avokat Avokat untuk menambah lemak sehat ke dalam diet Anda. Makanan yang kaya lemak tunggal tidak jenuh ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dalam tubuh. Avokat memungkinkan penyerapan karotenoid lain, khususnya betakaroten dan lycopene, yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan Kacang-kacangan seperti kenari dan almond kaya akan asam lemak omega-3 dan lemak ganda tidak jenuh. Selain itu, kacang juga menambah asupan serat ke dalam diet, dan juga merupakan sumber lemak sehat. Berries Blueberries, raspberries, stroberi serta jenis berries lainnya kaya akan anti peradangan. Komponen anti peradangan yang terkandung di dalam buah ini berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Kacang polong Jenis kacang polong (seperti kacang merah dan kacang hitam) kaya akan asam lemak omega-3, kalsium dan serat larut. Kedelai Kacang kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol karena rendah lemak jenuh. Bayam Bayam kaya akan berbagai komponen sehat seperti lutein, folat, kalium dan serat. Menambah asupan sayuran hijau ini bisa membantu memperbaiki kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan, orang-orang yang makan paling tidak 2,5 takar bayam per hari mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebanyak 25%. Biji rami Biji rami kaya akan serat dan asam lemak omega-6. Mengonsumsi biji rami dipadukan dengan oatmeal bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s