Tips menjaga kesehatan jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Anda tidak pernah terlalu muda atau terlalu tua-untuk mulai menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Inilah sedikit tips-tips tersebut.

Tentu saja, berolahraga, makan sehat dan mengurangi stres adalah kunci sepanjang hidup, namun karena perubahan fisiologis yang terjadi saat kita bertambah usia, faktor-faktor risiko tertentu tidak menjadi lebih dari sebuah ancaman.

Hilangkan Kebiasaan Merokok
Merokok adalah musuh nomor satu ketika datang ke penyakit jantung, dan bahkan hanya beberapa batang rokok dapat merusak: Baru penelitian dari McGill University di Montreal menemukan bahwa merokok satu batang rokok sehari menegang arteri oleh kekalahan 25 persen. Plus, merokok hormonal menghapus keuntungan yang anda peroleh dari estrogen, yang dapat membuat Anda rentan terhadap serangan jantung sebelum menopause, papar Dr Bonow.

Jangan Abaikan Faktor Berencana
Ingatlah bahwa kontrasepsi hormonal sedikit meningkatkan risiko penggumpalan darah, jadi jika Anda pernah punya satu, pastikan untuk membicarakannya dengan dokter Anda sebelum melanjutkan pengendalian kelahiran. Dan jika saat ini Anda seorang perokok, jangan minum kontrasepsi oral, karena combo bisa sangat berbahaya, kata Sharonne N. Hayes, MD, direktur Women’s Heart Clinic di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota.

Jagalah konsumsi Alkohol
Alkohol dalam jumlah moderat dapat memiliki efek menguntungkan pada hati Anda. (Oleh “moderat,” kita berarti satu gelas sehari atau sekitar 5 ons-tapi banyak restoran melayani jauh lebih dari itu.) Secara berlebihan dapat meningkatkan trigliserida, meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan penambahan berat badan, terima kasih kepada semua kalori kosong.

Keluarlah dari Rasa Stress
Ketika Anda juggling karir dan keluarga, itu penting untuk menemukan teknik manajemen stres yang bekerja. “Liar langsung stres memiliki dampak negatif pada kesehatan jantung,” kata Dr Stevens. “Pemboman konstan adrenalin meningkatkan tekanan darah dan mendestabilkan plak di arteri, sehingga cenderung menyebabkan gumpalan darah atau serangan jantung.”

Tetap Sosial
Penting untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga demi suasana hati Anda dan hati. Penelitian di University of Pittsburgh School of Medicine menemukan bahwa tingkat tinggi wanita kesepian meningkatkan risiko penyakit jantung dengan 76 persen. Di sisi lain, memiliki dukungan sosial yang kuat dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi kardiovaskular lainnya. Sisihkan waktu sekali atau dua kali seminggu untuk menelepon teman-teman, atau membuat kencan makan malam bulana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s