Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

 

Bahaya Rokok
Tahukah Anda bahwa risiko perokok pasif 3 kali lebih tinggi dari perokok aktif. Dan perokok wanita berisiko 25 persen lebih tinggi dari  perokok pria.

Rokok dan Kematian

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia dan merupakan satu-satunya produk legal yang membunuh seperti hingga setengah penggunannya. Survey Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyebutkan setiap jam sekitar 46 orang meninggal dunia karena penyakit yang berhubungan dengan merokok di Indonesia.

Kebiasaan merokok sedikitnya menyebabkan 30 jenis penyakit pada manusia.  Penyakit yang timbul akan tergantung dari kadar zat berbahaya yang terkandung, kurun waktu kebiasaan merokok, dan cara menghisap rokok. Semakin muda seseorang mulai merokok, makin besar risiko orang tersebut mendapat penyakit  saat tua.

Mengapa Rokok Berbahaya?

Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 7.000 zat kimia, 200 jenis diantaranya bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, emfisema, dan bronkitis kronik. Atau juga kanker lain, seperti kanker nasofarings, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan rahim. Aterosklerosis atau pangerasan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, kemandulan, dan impotensi.

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.  Asap rokok mengandung sejumlah zat yang berbahaya seperti benzen, nikotin, nitrosamin, senyawa amin, aromatik, naftalen, ammonia, oksidan sianida, karbon monoksida benzapirin, dan lain-lain. Partikel ini akan mengendap di saluran napas dan sangat berbahaya bagi tubuh. Endapan asap rokok juga mudah melekat di benda- benda di ruangan dan bisa bertahan sampai lebih dari 3 tahun, dengan tetap berbahaya.

Bahaya Perokok Pasif

Perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. Bahkan bahaya perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif. Dokter Budhi Antariksa, Spesialis Paru dari Rumah Sakit Royal Taruma mengatakan, sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekitarnya.

Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan. “Namun karena perokok aktif sekaligus menjadi perokok pasif maka dengan sendirinya risiko perokok aktif jauh lebih besar daripada perokok pasif,”  ujar dr.Budhi Antariksa.

Selain itu, berbagai hasil penelitian juga menyimpulkan  perokok wanita berisiko 25 persen lebih tinggi daripada perokok pria. Perokok wanita memiliki risiko ganda terhadap penyakit jantung dan kanker paru-paru bila dibandingkan dengan perokok pria. Penyebabnya karena wanita memiliki berat badan dan saluran darah yang lebih kecil dari pria.

Bahaya merokok pada wanita antara lain: Merusak kulit, mengganggu sistem reproduksi, menganggu siklus menstruasi termasuk timbulnya rasa nyeri, menurunkan kesuburan, meningkatkan risiko terkena kanker payudara, rahim, dan kanker paru-paru, menganggu  pertumbuhan janin dalam rahim, menganggu kelancaran ASI, keguguran, hingga kematian janin.

Kiat Berhenti Merokok

  1. Niatlah sungguh-sungguh bahwa Anda berhenti merokok
  2. Umumkan pada orang-orang di sekitar bahwa Anda akan berhenti merokok dan mintalahdukungan mereka.
  3. Jauhilah lingkungan para perokok.
  4. Carilah aktivitas yang berguna bagi tubuh
  5. Bawalah selalu permen kemanpun Anda pergi.

Rokok merupakan penyebab kesakitan dan kematian yang dapat dicegah. Sebelum terlambat, berhentilah merokok demi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Nara Sumber:  dr. Budhi Antariksa SpP PhD, Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Royal Taruma.

*  

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Diposkan pada: November 13, 2013 Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

 

Ratusan bahaya merokok bagi kesehatan manusia dan berbagai bagian tubuh kita yang sangat mematikan dan perlu kita hindari. Merokok dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit pernapasan kronis, dan penyakit jantung, impoten, bahkan dapat menyebabkan kematian dini. Menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika serikat (CDC) Lebih dari 440.000 orang di Amerika Serikat dan 100.000 di Inggris meninggal dunia dikarenakan merokok setiap tahun. Selain itu lebih dari 92 Milyar Dollar (USD) hilang setiap tahun karena kehilangan produktivitas akibat kematian dini yang berhubungan dengan merokok.

Bahaya merokokKandungan Berbahaya Pada Rokok

Puluhan zat berbahaya pada rokok yang siap merusak bahkan menggerogoti tubuh sampai berdampak pada kematian. Tahukah anda beberapa kandungan berbahaya pada rokok yang dapat menjadi bom waktu bagi tubuh.

  • Tar, zat yang dapat menyebabkan kanker dan sangat berbahaya bagi tubuh.
  • Nikotin adalah zat yang menyebabkan ketergantungan dan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia dan akhirnya tentu akan berdampak pada jantung sehat dan mengganggu program diet sehat seseorang.
  • Karbon monoksida, merupakan zat yang dapat mengurangi oksigen dalam tubuh
  • Komponen berbagai gas dan partikulat yang dapat menyebabkan gangguan paru dan dapat menyebabkan gangguan pernapasan kronik.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat bahaya pada rokok, yaitu;

  1. Jumlah rokok yang di hisap setiap harinya.
  2. Apakah rokok tersebut memiliki filter.
  3. Bagaimana jenis tembakau yang ada pada rokok tersebut.

Selanjutnya apa saja bahaya merokok yang sangat berbahaya pada kesehatan manusia, ada banyak sekali dan akan kita ulas satu persatu.

Bahaya Merokok

Bahaya merokok pada kesehatan memang sangat banyak sekali, pada bungkusnya saja sudah tertera dengan jelas berbagai penyakit berbahaya yang dapat di sebabkan oleh sebatang rokok.

Merokok Menyebabkan Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan kelainan pada jantung dan pembuluh darah manusia. Perlu diketahui penyakit jantung adalah penyebab utama kematian akibat merokok. Merokok selama bertahun tahun akan menyebabkan pengerasan pembuluh darah, hal ini di sebabkan oleh kolesterol dan lemak yang tertimbun di arteri karena zat nikotin yang ada pada rokok.

Seperti halnya bahaya narkoba, Merokok dapat mempercepat proses pengerasan dan penyempitan di arteri dan menyebabkan pembekuan darah potensinya 2 sampai 4 kali lipat dari non perokok. Penyakit Kardiovaskular dapat terjadi dari berbagai jenis tergantung dari arteri yang terkena sumbatan. Secara umum ada beberapa potensi penyakit yang terkena yaitu

  • Pembekuan darah di jantung dan otak yang menyebabkan kematian mendadak
  • Trombosis koroner, yang menyebabkan serangan jantung. Sekitar 30 persen disebabkan oleh merokok.
  • Trombosis otak, hal ini menyebabkan stroke dan kelumpuhan bahkan demensia.
  • Tekanan darah tinggi atau gagal ginjal.

Merokok Dapat Menyebabkan Kanker

Bahaya rokok untuk kesehatan adalah menyebabkan kanker, ada banyak penyakit kanker yang disebabkan oleh rokok. Tentu salah satunya adalah kanker paru paru, 90% dari pasien kanker paru paru disebabkan karena merokok. Selain itu perokok juga berpotensi memiliki resiko lebih tinggi terhadap kanker berikut ini :

  • Kanker kandung kemih
  • Kanker ginjal
  • Kanker faring dan laring (kanker tenggorokan)
  • Kanker mulut
  • Kanker kerongkongan
  • Kanker pankreas
  • Kanker perut
  • Beberapa jenis leukemia
  • Kanker hidung dan sinus
  • Kanker serviks
  • Kanker usus
  • Kanker ovarium
  • Kanker payudara

Bahaya merokok bagi tubuh manusia memang sangat mengerikan, begitu banyak penyakit kanker yang disebabkan oleh merokok dan hanya karena sebatang rokok. Jadi belajar cara berhenti merokok memang salah satu cara agar terbebas dari rokok yang berbahaya.

Merokok Menyebabkan Gangguan Kehamilan

Kehamilan memang sangat berharga, banyak yang mencari cara cepat hamil agar mendapat momongan namun banyak pula yang membahayakannya dengan merokok setiap hari. Sungguh sangat disayangkan karena merokok dapat mengganggu janin dan rahim bagi Ibu yang menghisapnya.

Bahaya Merokok Bagi Tubuh

Masih ada banyak bahaya merokok bagi tubuh manusia dan sangat berpengaruh negatif terhadap kesehatan tubuh.

  1. Merokok mengurangi kesuburan pasangan suami istri.
  2. Merokok dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
  3. Merokok dapat menyebabkan asma akut.
  4. Asap rokok dapat menyebabkan iritasi mata dan membuat merah mata.
  5. Perokok dapat meningkatkan risiko katarak .
  6. Merokok menyebabkan noda dan membuat gigi kuning.
  7. Merokok meningkatkan risiko penyakit periodontal , yang menyebabkan gusi bengkak , bau mulut dan gigi rontok .
  8. Perokok dapat meningkatkan keriput dan cepat tua.

Merokok dapat menyebabkan impoten

Salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh kaum adam adalah impoten, perokok cendrung memiliki potensi terkena penyakit ini lebih tinggi dibandingkan dengan non perokok. Bagi pria antara umur 30-40-an dapat meningkatkan disfungsi ereksi lebih dari 50 %.

Bahaya Merokok Bagi Pengguna Pasif

Hal ini sangat menyedihkan, karena terkait jiwa sosial seseorang. Merokok dapat membahayakan orang disekitarnya yang menghirup asap rokok tersebut. Perokok pasif konon katanya bahkan lebih berbahaya di bandingkan dengan perokok aktif. Jadi sangat disayangkan jika seorang perokok selain membahayakan dirinya sendiri juga membahayakan orang lain. Bahkan orang disekitar yang dicintainya. Mengingat bahaya merokok ini sangat banyak, coba lah berhenti merokok dan terapkan pola hidup sehat yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

*

Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Akibat Sebatang Rokok Racun, Ketagihan, Candu, Buang Uang Dan Dosa

bahaya-merokok.gif

Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Kesimpulan :

Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.

Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok. http://organisasi.org – Mon, 07/05/2007 – 10:32pm

http://bebasrokok.wordpress.com

*

 5 Cara Berhenti Merokok ( Pecandu berat Masuk )

21-12-2013 13:34

Kebanyakan orang sudah tahu bahwa merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru dan serangan jantung. Jika kita tahu bahwa merokok berbahaya, mengapa kita tidak bisa berhenti melakukannya? Karena nikotin adalah salah satu tipe adiktif yang sangat kuat sehingga menyebabkan ketergantungan. Selain itu harga rokok yang relatif terjangkau menyebabkan seseorang sangat sulit untuk berhenti. Ketika orang mencoba untuk berhenti, mereka sering mengalami gejala-gejala yang disebabkan nikotin seperti kecemasan, mudah tersinggung, sakit kepala, depresi, dan kegelisahan. Tapi perokok bisa, dan jangan hentikan begitu mereka menemukan alasan yang tepat untuk berhenti merokok. Dibawah ini 13 tips berhenti merokok yang efektif :

1.Know Why You Want to Exit

Jadi Anda ingin berhenti merokok, tetapi apakah Anda tahu mengapa? Alasan seperti “Karena itu buruk bagi kesehatan Anda” tidak cukup baik. Untuk mendapatkan motivasi, Anda butuh suatu alasan pribadi yang kuat untuk berhenti. Mungkin Anda ingin melindungi keluarga Anda dari asap rokok karena selain berbahaya untuk diri sendiri, merokok dapat mengakibatkan orang – orang di sekitar anda terkena penyakit – penyakit berbahaya seperti kanker paru – paru dan jantung. Selain itu mungkin Anda merasa ketakutan diputusin pacar atau di ceraikan istri gara-gara tidak bisa berhenti merokok? ( Make sense.. Pilih istri apa rokok??? ). Pilih alasan yang cukup kuat untuk mengimbangi dorongan untuk menyala.

2.Jangan Berhenti Merokok Saat Itu Juga

pelan – pelan saja
Anda mungkin tergoda untuk melemparkan rokok Anda dan menyatakan kalau Anda telah berhenti merokok, simple dan sederhana. Tapi pada kenyataannya tidak mudah untuk dilakukan. Tidak ada cara cepat berhenti merokok. Sembilan puluh lima persen orang yang mencoba untuk berhenti merokok tanpa terapi atau pengobatan akan kembali untuk merokok. Alasannya adalah nikotin adalah senyawa yang menyebabkan ketergantungan. Otak kita menjadi terbiasa dengan nikotin dan akan selalu “haus” akan hal itu. Pada saat tidak merokok, gejala ketergantungan akan nikotin muncul.

3.Lakukan Nikotin – Replacement Therapy

Ketika Anda berhenti merokok, gejala ketergantungan nikotin dapat membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah, atau menjadi pemarah. Keinginan untuk “merokok satu batang saja” akan sering muncul pada diri anda. Terapi penggantian nikotin ini dapat membantu mengurangi dorongan nafsu untuk merokok. Studi menunjukkan permen karet nikotin, “lozenges”, dan “patches” dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti merokok dapat berhasil bila digunakan dengan program yang intensif. Tetapi menggunakan produk ini sambil merokok umumnya tidak dianjurkan.

4.Minta Resep Pada Dokter Anda

Untuk memudahkan penarikan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan resepnya kepada dokter Anda. Ada pil yang membantu mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak. Mereka juga dapat membuat merokok kurang memuaskan jika Anda mengambil sebatang rokok. Obat lain dapat membantu mengurangi gejala ketergantungan yang mengganggu, seperti depresi atau ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

5.Jangan Rahasiakan Kalau Kamu Berhenti Merokok

Beritahu teman, keluarga, dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti. Dorongan mereka bisa membuat perbedaan. Anda juga mungkin ingin bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan seorang psikolog. Behaviour Therapy adalah jenis konseling yang membantu Anda mengidentifikasi strategi untuk berhenti merokok. Kombinasikan Behaviour Therapy dengan produk pengganti nikotin dan / atau obat-obatan dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

kesimpulanya gan semuanya ada didalam diri agan sendiri ..semuanya pasti bisa kalo kita ada niat

*

Gambar ini membuat banyak perokok berhenti..

Assalamualaikum Wr Wb

Bagi agan/aganwati yang merasakan sehat-sehat saja walaupun menjadi seorang perokok aktif..

ini gambar nyata keadaan paru-paru ente..

Spoiler for hueekk(agak DP):

Sumanto pun ga selera..

berhubung ada yang minta tambah pictnya (psiko..)
ane tambahin

Spoiler for hueekkk(agak DP):

gambar ni jelas menunjukkan paru-paru seorang perokokaktif TIDAK BAIK_BAIK SAJA..dan cepat atau lambat akan menunjukkan akibatnya

Quote:Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.

Bahaya dan akibat merokok lainnya

Spoiler for bahaya dan akibat merokok:
b. Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

c. Kanker Payudara

Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

d. Kanker Serviks

Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.

e. Kanker Kerongkongan

Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

f. Kanker Pencernaan

Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).

g. Kanker Ginjal

Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.

h. Kanker Mulut

Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.

i. Kanker Tenggorokan

Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.

j. Serangan Jantung

Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

k. Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.

l. Aterosklerosis

Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

m. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).

n. Impotensi

Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

o. Gangguan medis lainnya

Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

BERHENTILAH SEBELUM ANDA MENYESAL NANTI

Spoiler for tips dan trik cara berhenti merokok:
Berikut tips dan trik cara berhenti merokok :

1. Ganti permen nikotin dengan permen karet atau permen mints sehingga menghilangkan aroma rokok pada mulut. Hilangnya rasa rokok pada mulut akan membuat kitamelupakan rokok untuk seterusnya.

2. Buatlah kegiatan lain untuk mengisi waktu luang. Misal sehabis makan, kita bisa mengunyah permen atau makanan penutup. Saat ngeblog, kita bisa makan kudapan. Saat antre kendaraan, kita bisa browsing atau membaca buku. Tidak mudah memang, tetapi bila dilakukan dengan tekad penuh maka akan mudah untuk dilakukan.

3. Berolahraga dan minum cukup air akan membantu kita melupakan rokok. Aktivitas ini akan membuat tubuh kita tambah sehat dan membantu mengeluarkan toksin serta zat beracun lain dari tubuh. Olahraga bisa dilakukan dilingkungan yang banyak orang sehingga kita juga bisa bergaul.

4. Jauhi material terkait rokok. Jauhi segala macam material (bahan) yang menggugah selera merokok seperti korek api, asbak. Karena jika benda-benda tesebut berada di sekitar, bukan tidak mungkin akan memicu kembali gairah untuk merokok.

5. Bulatkan tekad
Begitu berencana untuk berhenti merokok, buatlah sebuah harapan dan target dalam sebuah catatan pribadi. Setiap kali merasa menyerah pada godaan, buka kembali catatan pribadi untuk mengingat akan tujuan awal.

6. Berpikir positif
Pikiran memegang peranan vital dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita seseorang. Tanamkan selalu dibenak bahwa kita mampu dan bisa untuk melepaskan godaan-godaan merokok.

tambahan dari TS
jadikan gambar diatas sebagai wallpaper hp agan..

INGAT perokok pasif juga menghisap asap rokok..jika tidak ingin keluarga dan orang yang anda sayangi mengalami hal yang sama..merokoklah di tempat tersendiriSpoiler for jangan dibuka:

bapak ane seorang perokok dan 2 tahun lalu sudah almarhum karena serangan jantung pada usia 49 tahun..padahal sebelumnya rutin rekam jantung dan baik-baik saja
ane bukan dokter atau ahli kesehatan tapi pasti rokok ikut andil banyak atau sedikit dalam hal ini

Sumber : http://infotercepatku.blogspot.com/2…#ixzz2ojQQx0nG

tambahan agan kaskuser

Spoiler for tambahan:

Quote:Original Posted By isfartan
perokok mikir2 lagi tuh gan buat ngerokok lagi. ada trit juga nih gan yang bikin berhenti merokok juga:
http://www.kaskus.co.id/post/52b5340…cb17ad3f8b4590
Spoiler for awas Dewi Persik:

Quote:Original Posted By ujio.kagami
Sabar gan..
ane juga benci rokok kok gan,
dari asepnya aja ane udah ga suka gan.
apa lagi dari harganya gan…
nt tau ndiri lah dikalangan remaja kaya ane (SMP)
itu pergaulan udah mulai parah gan bukan mulai tapi mmg udah parah gan.
tapi ane bisa nahan itu semua,
krn ane tipe bocah yg doyan bisnis. Jadi ane mikir seribu rupiah yg setara,
dengan 1 batang rokok. itu bisa jadi bibit buat modal dagang ane..
so,… daripada rokok ane lebih baik naro modal gan.
jujur aja dari asepnya aja ane kaga demen gan,
bawannya pengen nonjok klo ada orang ngerokok sembarangan.
ya walaupun rada takut buat bogem gan, coz kdg2 yg ngerokok sembarangan tuh preman2 sempak yg ad adi angkot gan
hhhe. pejwan gan kalau berkenan

Quote:Original Posted By cawax
5. Bulatkan tekad
Begitu berencana untuk berhenti merokok, buatlah sebuah harapan dan target dalam sebuah catatan pribadi. Setiap kali merasa menyerah pada godaan, buka kembali catatan pribadi untuk mengingat akan tujuan awal.

Sebenarnya point 5 bisa mewakili yang lain gan.. Klo ada niat pasti bisa berhenti merokok Gan

Belajar Dari Orang Yang Berpengalaman

Orang PINTAR belajar dari pengalaman sendiri. Kalau orang BIJAK belajar dari pengalaman orang lain.

Orang pintar bisa membaca. Orang yang belum bisa baca berarti belum pintar (kalau gak mau disebut bodoh).

(update)
Iklan rokok 2014:

Kalau iklannya begini tapi masih merokok mau disebut apalagi kalau bukan belum pintar? kalau ada istilahnya 3 tingkat dibawah belum pintar ane bakal sebut istilah itu. (sorry ya kalau agak pedes)

Kalau ada yang kasih komen negatif atau tidak mendukung, ane bakal heran mengapa dia bisa baca trit ini dan bisa menulis lagi.

Kalau ente bijak pasti komennya mendukung karena gak bakal membiarkan trit ini tenggelam. Yang kasih CENDOL dan +5 orangnya pasti lebih bijak.:-)

Orang pintar gak masuk angin, tapi orang bijak gak masuk rumah sakit.

Orang yang PINTAR atau orang yang BIJAK.

Agan pilih yang mana?

Buat perokok yang mau berhenti. ada trit tetangga, mudah2an bisa ya gan:
http://www.kaskus.co.id/thread/52b53…du-berat-masuk

*

Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat saat ini sulit dilakukan karena gaya hidup di abad ini sangatlah mengerikan salah satunya terlihat pada banyaknya penyedia makanan yang serba cepat seperti restoran fast food. Pilihan makanan ini sangat favorit disebabkan semakin mudahnya akses konektivitas dan menyebabkan kurangnya aktivitas fisik. Padahal makanan siap saji ini sangatlah tidak baik bagi  kesehatan kita terutama pola makan yang di barengi dengan pola hidup sehat.

Pola Hidup Sehat dan Tidak Sehat

Gaya hidup modern memang tidak bisa dihindari dengan mudah dan begitu saja namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya cara hidup tersebut. Kegiatan yang serba sibuk memaksa seseorang untuk menjalani berbagai kepenatan dengan sedikit menghisap rokok ataupun mencoba minuman beralkohol.

Padahal hal tersebut bukan cara mengatasi stress yang benar, bahkan hal tersebut hanya akan berakibat burut bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan seperti ini akan menjadi lebih buruk ketika anda telah berkeluarga karena jika hal ini sering terjadi dapat memperburuk ekonomi terhadap cara mengelola keuangan keluarga yang sedang dibangun.

Tips Menjalani Pola Hidup Sehat

Cara menjalani pola hidup sehat itu sangatlah mudah namun, banyak orang yang harus menunggu sakit baru  sadar akan pentingnya ternyata pola hidup sehat ini. Beberapa tips untuk menjalani pola hidup sehat yang mudah diterapkan adalah :

  • Tidur dengan teratur dan cukup

Tidur teratur sangat lah baik untuk metabolisme tubuh, seharian kita berkutik dengan kesibukan kerja tanpa istirahat, tubuh juga membutuhkan istirahat yang cukup agar esok harinya tubuh menjadi segar dan fit.  Biasanya mormal waktu tidur berkisar antara jam 9 malam sampai jam 6 pagi atau sekitar 8-9 jam perhari.

  • Makan makanan dengan gizi lengkap

Makanan ini biasanya terdiri karbohidrat, protein dan vitamin seperti nasi, sayuran hijau, daging/ikan, buah-buahanan, dan ditambah dengan susu. Ingat  pengolahan sayur jangan terlalu lama supaya tidak menghilangkan kadar vitaminnya. Gunakan khasiat madu sebagai multivitamin alami yang menunjang aktivitas keseharian.

  • Jangan merokok

Anda pasti tahu bahaya rokok untuk tubuh kita.  Hindari rokok jika anda ingin hidup sehat karena rokok tidak baik bagi jantung dan paru-paru.

  • Hindari Minuman berakohol

Hindari minum-minuman beralkohol karena rutinnya kita minum -minuman ini akan membahayakan dan merusak hati dan lever kita.

  • Hindari Makanan cepat saji

Siapa yang tidak tahu dengan makanan siap saji seperti Pizza, burger, hot dog, dan sejenisnya.  Di balik kelezatan rasanya ternyata makanan siap saji ini sangat berbahaya untuk tubuh kita.  Kita tidak tahu pengolahan bagaimana dan apakah makanan tersebut bersih atau tidak. Paling tidak jika ingin memakannya seimbangkanlah dengan mengkonsumsi buah salah satunya pada manfaat buah naga

  • Lingkungan Bersih

Lingkungan bersih tercermin akan  lingkungan yang sehat dan bebas dari penyakit dan kuman.  Menjaga lingkungan tetap bersih adalah pola hidup sehat yang harus di lakukan setiap hari.

  • Olahraga

Rutin olahraga setiap pagi sangat bagus untuk tubuh kita, karena membuat badan tidak cepat lelah dan fit sepanjang hari.

Masih banyak lagi cara menjalani pola hidup sehat selain di atas, namun disini kami menjelaskan secara garis besarnya saja. Menjalani pola hidup sehat di atas di harapkan kita bebas dari segala macam penyakit yang berbahaya.  Cegahlah penyakit paling berbahaya di dunia agar tidak menimpa kita dengan membiasakan pola hidup sehat yang baik dan benar.

http://blogging.co.id

2 responses to “Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

    • ya, makasih telah berbagi info seputar kesehatan, laman anda telah kami unggah. untuk dapat dishare ke yang lain agar lebih bermanfat. terima kasih atas kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s