Apakah batuk itu termasuk penyakit ?

Benarkah batuk bukan penyakit ?

penyakit batuk

Penyakit batuk sangat mudah kita jumpai karena faktanya bisa dikatakan bahwa hampir semua orang sering mengalami atau pernah mengalami batuk terutama saat musim pancaroba bahkan polusi udara, kebiasaan  dan aktifitas dimalam hari juga dapat menyebabkan batuk. Hal tersebut adalah contoh kecil yang lazim terjadi disekitar kita sebagai penyebab batuk maupun flu.

Bagi orang yang menderita batuk tentunya cukup mengganggu aktifitas, sehingga wajar bila kebanyakan orang menyebutkan bahwa batuk merupakan penyakit karena kehadirannya biasanya disertai kondisi fisik yang menurun atau kurang sehat. Dalam dunia medis pada dasarnya batuk bukanlah sebuah penyakit melainkan adalah suatu tanda atau gejala dari penyakit tertentu atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, dahak, riak, makanan, debu, asap, dan benda asing lainnya. .

Pada dasarnya batuk bukanlah penyakit karena batuk merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh pada saluran pernapasan dan batuk ini adalah gerakan refleks untuk melindungi paru-paru. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu direseptor batuk (hidung, saluran pemapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Meski kehadiran batuk ini cukup mengganggu bagi orang yang mengalaminya namun perlu diketahui bahwa batuk merupakan cara tubuh untuk menyembuhkan diri. Adanya batuk berarti tubuh menginformasikan kepada kita bahwa telah terjadi sesuatu yang tak seharusnya di dalam tubuh kita. Dengan adanya gejala penyakit tersebut seharusnya kita perlu memeriksakan kesehatan ke dokter terutama jika batuk terus berlanjut hingga lebih dari seminggu karena pengobatan terhadap batuk hanyalah bertujuan untuk meringankan gejala, bukan menyembuhkan penyakit yang menyebabkannya.

Jadi yang perlu diperhatikan bagi kita jika frekuensi batuk terus meningkat dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari terlebih jika disertai dengan gejala lain seperti demam, pilek, berat badan menurun dengan cepat,  batuk yang diserta darah yang bercampur dengan dahak maka bisa dipastikan bahwa batuk yang dialami adalah masalah kesehatan yang harus diperhatikan secara serius. Artinya, Anda tidak boleh meremehkan batuk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s