Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Flu


Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Flu – berita terbaru kita akan share tentang info kesehatan yaitu Cara Mengatasi hidung tersumbat | Tips Mengatasi Hidung Tersumbat | Cara Mengatasi hidung mampet. sebenernya ini pengalaman juga dari saya dan mungkin akhir-akhir ini juga lagi musim batuk dan pilek.

Hidung tersumbat sangatlah mengiksa tubuh kita apalagi ketika akan tidur di malam hari, pasti hidung ini terasa hanya bisa bernafas melalui satu lubang hidung. hidung tersumbat bisa disebabkan karena alergi atau sedang menderita pilek, bila sudah begitu penderita sulit bernafas karna sinusnya terganggu.Sinus sendiri adalah rongga pada tulang disekitar hidung. Dalam rongga tadi menghasilkan lendir yang dialirkan ke hidung, bila ada gangguan pada rongga tersebut maka terjadi penumpukan lendir di rongga sinus. Akibatnya penderita akan sulit bernafas melalui hidung. baca juga Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut.hidung tersumbat

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Flu

Untuk mengatasi Hidung tersumbat saat flu, banyak orang menggunakan semprotan hidung untuk meredakan hidung tersumbat (dekongestan) tanpa resep dokter. Namun, obat ini tidak untuk semua orang dan ada beberapa risiko kesehatan karena meminum obat tertentu, terutama obat semprotan hidung dan dekongestan. Cedera yang menyebabkan penyempitan sinus biasanya memerlukan pembedahan. Namun hidung mampet karena pilek, flu, alergi atau konsumsi makanan tertentu dapat dihilangkan dengan obat-obatan alami.

Berikut ini ada beberapa Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Flu yang berita terbaru kita ambil dari berbagai sumber terpercaya, cekidot

1. Larutan Air Garam

Mengaliri sinus menggunakan larutan air garam encer seringkali efektif dalam mengatasi sinus mampet. Sebuah wadah kecil serupa seperti teko mini yang disebut ‘neti pot’ biasa digunakan untuk mengalirkan larutan garam tadi ke hidung. Banyak orang yang telah mencobanya, dan hasilnya cukup memuaskan untuk meredakan hidung tersumbat.

2. Menghirup Zat Aromatik atau Inhaler

Cara lain untuk mengatasi hidung mampet adalah dengan menghirup uap zat aromatik seperti mentol atau kayu putih. Produk inhaler yang mengandung mentol, minyak peppermint, dan Cajeput eucalyptol, komponen dari kayu putih cukup manjur. Cukup dengan meletakkan inhaler tepat di bawah hidung, kemudian dihirup, maka uap dari inhaler akan melonggarkan sinus.

Produk aromatik lain dari bahan-bahan yang sama juga dapat membantu. Jika anda mengalami hidung mampet, isilah bak mandi dengan air panas, teteskan 4 – 5 tetes minyak aromatik, masuklah ke bak mandi, lalu hirup uapnya.

3. Minyak dan Suplemen Kayu Putih

Minyak dan Suplemen Kayu Putih adalah cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat, ceranya dengan menghirup obat batuk berbahan dasar kayu putih. Ketika obat ini dihirup, maka sinus akan terbuka. Produk suplemen berbahan dasar kayu putih juga efektif. Kapsul kecil yang mengandung ekstrak kayu putih dapat membersihkan hidung tersumbat. Produk ini baik untuk mengatasi gangguan hidung mampet yang lebih parah.

4. Menthol

Peppermint mengandung mentol, dan ketika minum teh peppermint, mentol didalam teh akan menyebar sampai ke dalam sinus dan membantu untuk melebarkan sinus. Peppermint tidak sekuat kayu putih, tetapi seringkali bekerja dengan baik.

5. Hindari Susu

Banyak orang yang tidak dapat mentoleransi produk susu, tapi orang sering tidak menyadarinya dan mengalami sinus tersumbat selama bertahun-tahun pada suatu waktu. Jika menderita sinus tersumbat yang kronis, hindari semua produk susu, keju, dan krim untuk sementara waktu. Jika menghindari susu dapat membuat sinus lebih lega, maka besar kemungkinan penyebab sinus tersumbatnya disebabkan oleh konsumsi susu.

6. Hindari Penyebab Alergi

Zat penyebab alergi dari lingkungan seperti debu, ragi dan jamur juga dapat menyebabkan gangguan pada sinus. Penyaringan udara yang tidak memadai di kantor atau lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan gangguan sinus yang tidak berhenti meskipun telah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya.

7. Posisi Tidur

Saat akan tidur, usahakan posisi kepala lebih tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi pembentukan lendir. Setiap gerakan dalam tidur, akan memberikan tekanan pembentukan lendir, maka dari itu usahakan untuk tetap menjaga posisi tidur dengan wajah menghadap langit-langit.

8.Bawang merah.

Aroma pedas bawang merah ternyata ampuh untuk menyingkirkan hidung yang tersumbat. Anda cukup mengupas lalu memotong bawang menjadi dua, kemudian cium aroma bawang selama lima menit.

9. Konsumsi makanan pedas.

Kandungan dari zat yang disebut capsaicin pada rempah pedas seperti cabai dan merica, dalam sekejap akan membersihkan rongga hidung karena lendir yang ikut keluar.

10. Minum kopi atau teh hangat

Uap yang dihasilkan dari minuman panas tersebut akan membantu mengencerkan lendir.

Sekian 10 cara alami mengatasi hidung tersumbat karena flu, semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua yang sekarang mengalaminya dan jangan lupa sobat juga share ke teman sobat ya dengan klik tombol share di kiri yang melayang, Thanks.

sumber

Iklan

4 responses to “Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Flu

    • Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

      Jika bayi sedang mengalami sakit pilek yang berakibat hidungnya tersumbat, anda sebagai ibu sangat merasa khawatir pada saat itu biasanya bayi mengalami kesulitan untuk tidur, rewel, dan juga kesulitan untuk bernafas. Dengan begitu ibu harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi tersumbatnya hidung pada bayi. Ada beberapa cara tradisional dan aman yang dapat ibu lakukan di rumah. Ini dia yang cara yang paling umum dilakukan ketika hidung bayi tersumbat, antara lain :
      Penguapan secara alami

      Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan cara penguapan atau inhalasi. Anda dapat melakukan cara inhalasi yang alami ini di rumah. Caranya anda dapat memberikan uap dari air panas yang sudah ditetesi oleh minyak telon. Ini sangat mudah, anda hanya harus meletakan ember kecil yang berisi air panas dan telah ditetesi sedikit minyak telon di pojokan ruangan. Biarkan bayi anda menghirup uap dari air tersebut. Hal ini sedikitnya bisa membantu bayi anda dalam melegakan hidung yang tersumbat. Dan juga dapat menggendong bayi anda dengan membantunya untuk telungkup pada kedua tangan anda serta posisikan bayi anda dengan wajah berada di atas ember yang berisi air hangat. Hal tersebut dapat membantu bayi untuk menghirup uap dari air hangat tersebut.
      Hangatkan tubuh bayi

      Berikan selalu rasa hangat pada bayi yang hidungnya tersumbat. Ini dapat melegakan pernafasan dan memberikan kenyamanan pada bayi anda. Anda dapat memandikan bayi anda menggunakan air hangat kemudian menjemur bayi pada saat matahari masih pagi. Dengan cara seperti itu bayi dapat merasakan kehangatan juga dapat membantu mengurangi tersumbatnya hidung pada bayi. Pada saat bayi anda tertidur, sebaiknya anda mengatur suhu ruangan anda. Disarankan anda untuk tidak menggunakan AC. Suhu rendah pada AC akan memperparah keadaan hidung bayi anda. Sebelum pergi tidur, anda juga dapat mengoleskan minyak telon pada perut, punggung dan juga area dada sang bayi, sertai dengan pijatan yang lembut.
      Pijat hidung bayi anda

      Pijatlah dengan lembut hidung bayi pada area atas hidung dan alis dengan sedikit mengoleskan minyak telon, ini sangat membantu dalam melegakan tersumbatnya hidung bayi. agar lendir yang ada di dalam hidung bayi keluar, anda dapat menekan secara lembut dengan memakai sapu tangan atau cotton bud di sekitar hidung bayi. Namun anda harus berhati-hati, gunakan sapu tangan yang sangat lembut dan jangan memasukan cotton bud terlalu dalam ke hidung bayi.
      Atur posisi tidur pada bayi

      Pada saat hidung bayi anda tersumbat, mengatur posisi tidur yang baik pada bayi akan sedikit melegakan sistem pernafasan bayi. Miringkan badan bayi ketika tidur, jadi pada saat hidung kiri bayi anda tersumbat anda dapat memiringkan tidurnya ke samping kanan, jika hidung kanan yang tersumbat anda dapat memiringkannya ke samping kiri. Namun usahakan posisi kepala tetap lebih tinggi dari posisi badan bayi anda.
      Larutan Garam

      Sejak dari dulu air larutan garam dipercaya bisa mencairkan ingus pada bayi. Juga memperlancar sumbatan yang terjadi pada hidung dan juga mengembalikan kealamian selaput di bagian hidung. Anda dapat melakukan cara seperti melarutkan setengah sendok makan garam pada gelas yang berisi air hangat. Kemudian masukan larutan tadi dalam semprotan untuk hidung bayi atau anda dapa menggunakan pipet bayi. Teteskan larutan tersebut ke dalam hidung bayi sebanyak dua kali. Lakukan setiap harinya minimal 3 kali. Disarankan sangat berhati hati dalam melakukannya apalagi untuk ibu baru sebaiknya meminta bantuan orang tua anda yang telah berpengalaman melakukan ini.
      semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s