Berbahayakah Jika Hidung Sering Tersumbat?

 

 

Tanya:
Halo Dokter, saya perempuan usia 19 tahun. Saya sering sekali mengalami masalah hidung tersumbat. Terkadang hidung yang tersumbat hanya sebelah kanan saja, dan kadang yang sebelah kiri saja. Biasanya, saya mengalami hal ini saat saya sedang duduk atau berbaring. Apa yang harus saya lakukan untuk menghentikan hal ini Dok? Penyakit apa yang saya alami? Atas bantuan Dokter, saya ucapkan terima kasih.
Difan

Jawab:
Dear Difan,

Hidung tersumbat seperti yang Difan alami dapat disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin terjadi, seperti adanya penyakit flu, alergi, atau kondisi infeksi saluran nafas bagian atas.

Kondisi ini termasuk tidak mengkhawatirkan karena dapat menghilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Saat ini yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala tersebut adalah dengan sering menghirup uap air panas untuk mengurangi penyumbatan yang dialami.

Selain dengan memberikan terapi pada diri sendiri dengan uap panas, Difan juga perlu secara teratur mengonsumsi air putih. Air putih yang baik untuk dikonsumsi setiap harinya berjumlah 2 hingga 3 liter.

Untuk posisi berbaring, selalu usahakan untuk berbaring secara telentang dengan mengganjal kepala menggunakan 2 sampai 3 bantal. Difan juga bisa menggunakan jenis olesan bersifat Vapor Inhaler untuk melegakan hidung tersumbat.

Terima kasih.

dr. Janfrional
Praktik di Citralife Chiropractic Clinic Jakarta
http://www.MeetDoctor.com

***

Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan? Ajukan di http://www.MeetDoctor.com dan para dokter di sana akan menjawabnya dalam 24 jam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s