HIDUP SEHAT

10 Cara Agar Hidup Penuh Energi!

04/08/2008 | Baca : 1303 | Komentar : 0

Hidup ini memang naik turun. Kadang merasa semangat, kadang merasa bosan hidup. Namun, ada caranya agar hidup tetap berenergi dan bermanfaat bagi kesehatan Anda.

  1. Kelola stres dengan efektif. Stres yang menetap dapat mengikis rasa percaya diri dan energi Anda. Jika stres bisa dikelola dengan baik, pikiran dapat bebas berkreasi dan energi pun tidak habis terbuang.
  2. Berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Berolahraga menjaga kebugaran tubuh lebih baik dan membantu mempertahankan berat badan ideal. Tanpa olahraga, pikiran akan menjadi malas.
  3. Kembangkan hubungan yang sehat. Mereka yang mempunyai ikatan keluarga yang dekat lebih sedikit kemungkinan untuk sakit dan mereka mengalami penyembuhan yang lebih baik ketika sakit. Memiliki hubungan yang berarti dapat menggairahkan seseorang dalam kehidupan rutinnya.
  4. Ambillah waktu untuk istirahat yang cukup. Jangan biarkan tekanan hidup menguras energi Anda. Hindari kelelahan. Lakukan tidur yang rutin dan cukup. Nikmati hari libur di akhir minggu untuk beristirahat dan memperbaharui diri.
  5. Pertahankan keseimbangan dalam hidup. Hidup yang tanpa keseimbangan dapat membuat Anda sedih, stres, dan tegang. Sedangkan hidup yang seimbang akan memberikan ketenangan, kedamaian, dan energi baru untuk hidup.
  6. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan. Gandum, buah dan sayur (terutama yang berwarna) mengandung sejumlah fitokimia yang membantu kesehatan. Kandungan terbanyaknya adalah antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kanker, penyakit jantung dan penuaan. Mereka yang mengonsumsi makanan yang kaya serat juga cenderung memiliki lebih banyak energi.
  7. Pelihara spiritual Anda berdasarkan keyakinan yang dianut. Melihat bagaimana Tuhan bekerja dapat membangun rasa percaya diri. Kehidupan beragama yang dinamis dan sering membantu mereka yang membutuhkan akan menggairahkan hidup seseorang.
  8. Menjaga asupan cairan. Dehidrasi ringan ternyata dapat mengganggu fungsi kognitif seperti konsentrasi, kesadaran, dan memori jangka pendek. Retensi cairan juga dihubungkan dengan peningkatan sakit kepala dan kelelahan, perhatian, dan koordinasi. Pemberian cairan yang cukup akan membantu melawan kelelahan dan meningkatkan kesadaran mental.
  9. Jagalah jadwal teratur. Gaya hidup yang tidak teratur dapat menyebabkan seseorang mengalami kehilangan akuitas mental, gangguan konsentrasi, dan mudah terganggu. Ikut jadwal yang teratur dapat membantu menjaga mental Anda segar dan terjaga.
  10. Proaktif dalam mencegah penyakit. Ambillah tanggung jawab pribadi untk kesehatan anda sendiri. Lakukan pemeriksaan kesehatan dan gigi secara teratur. Anda akan merasa jauh lebih baik ketika anda memiliki kendali terhadap kesehatan Anda.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Olahraga Termurah, Mudah dan Sehat

07/08/2008 | Baca : 1174 | Komentar : 0

Pola hidup yang rutin ini hanya membuat Anda terus-menerus berpacu dengan waktu, banyak mengeluarkan tenaga dan memeras pikiran, tanpa sempat me-recharge-nya. Kondisi ini tidak sja menyebabkan kelelahan secara fisik, tapi juga mental. Bahkan secara emosi pun Anda menjadi mudah terganggu, sulit konsentrasi dan mudah tertekan selama bekerja.
Bila hal ini sudah terlalu sering Anda alami, saatnya Anda sedikit berubah dan mencoba pola yang lebih sehat. Bagaimana kalau dimulai dengan menyisihkan sedikit waktu untuk berolahraga? Toh, manfaat olahraga sudah lama terbukti mampu membuat tubuh tetap sehat dan bugar, terutama jika dilakukan dengan rutin.

Dengan melakukan olahraga secara teratur dan terukur, setidaknya setelah tiga bulan Anda akan mendapatkan stamina tubuh yang lebih baik. Selain itu daya pikir akan bertambah jernih, dapat mengurangi ketegangan atau stres, meningkatkan percaya diri serta perasaan bahagia secara alami.

Mengapa Jogging?

Tidak perlu berpikir melakukan olahraga yang eksklusif, mewah dan memerlukan peralatan yang mahal, serta menyita waktu Anda. Sebab Anda dapat berolahraga dengan murah, mudah, namun memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan Anda. Yang penting Anda ingat, dalam memilih olahraga sebaiknya Anda sesuaikan dengan usia dan kondisi tubuh, serta takaran yang benar. Jangan coba mengabaikan ini, terutama guna menghindari kemungkinan tubuh justru akan terbebani dan menimbulkan masalah lain, seperti kelelahan, cedera otot, tulang dan persendian.

Jogging adalah salah satu olahraga yang tepat untuk Anda. Selain karena jogging merupakan olahraga yang paling mudah, karena tidak membutuhkan suatu alat apapun, kecuali tentunya sepatu dan pakaian olahraga, sesuai untuk segala usia, jogging juga olahraga termurah yang banyak manfaatnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Copenhagen City Heart Study, jogging memiliki berbagai efek positif terhadap tekanan darah, kadar kolesterol total dan kolesterol-HDL, berat badan, sampai kencing manis. Sedangkan efek lanjutnya meliputi berkurangnya ketebalan pembuluh darah jantung koroner, berfungsinya otot-otot jantung secara lebih baik, serta lebih banyaknya oksigen yang mampu Anda hirup.

Sumber: Buletin info sehat edisi XIV

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

23/10/2008 | Baca : 1393 | Komentar : 0

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan fisik yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari masuknya kuman. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk tetap menjaga daya tahan tubuh yang kita miliki. Jika daya tahan tubuh yang kita miliki baik, maka tubuh akan sehat. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh menurun, maka kuman akan mudah masuk ke dalam tubuh dan tubuh akan lebih mudah terjangkit penyakit.

Oleh karena itu, penting sekali menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik. Beberapa cara di antaranya adalah :

Perhatikan gizi makanan
Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu baik adalah makan makanan yang bergizi. Makanan bergizi adalah makanan yang  mengandung 4 sehat 5 sempurna, yang mengandung unsur-unsur (karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan lainnya) yang dibutuhkan oleh tubuh.

Istirahat yang cukup
Kurang istirahat dapat mengakibatkan penurunan terhadap daya tahan tubuh. Untuk itu, kebutuhan tidur harus dapat dipenuhi dengan baik. Normalnya, kebutuhan tidur orang dalam sehari dapat tercukupi jika ia telah beristirahat selama kurang lebih 8 jam.

Olahraga yang teratur
Tidak perlu berolahraga terlalu berat dan berlebihan. Asalkan dilakukan secara teratur, hasil yang didapat akan lebih baik. Jenis olahraga dapat dipilih sesuai kemampuan tubuh masing-masing, misalnya senam, lari, berenang, tenis, dan lainnya. Idealnya olahraga yang baik dilakukan secara teratur tiga kali dalam seminggu.

Stres berlebih
Stres membuat seseorang tidak semangat dalam melakukan berbagai aktivitas, mudah emosi, sulit tidur, dan nafsu makan menurun. Jika tetap dibiarkan, maka akan mengganggu kesehatan tubuh. Tanggulangi sesegera mungkin

Konsumsi vitamin
Vitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Pilihlah vitamin yang benar-benar telah teruji dan aman untuk dikonsumsi.

…………………………………………………………………………………………………………………………

Kebutuhan Air Dalam Tubuh

27/01/2009 | Baca : 2196 | Komentar : 1Kadar air yang normal dalam tubuh manusia berkisar antara 70 hingga 80 % dari bobot tubuh. Di dalam tubuh, air sudah seharusnya mengalami proses absorpsi di usus halus, reabsorpsi di usus besar, juga mengalami proses pengeluaran melalui kelenjar keringat dan saluran urin/kencing.

Kadar air dalam tubuh harus selalu seimbang pada kadar normalnya. Bila terjadi suatu keadaan di mana kadar air di dalam tubuh turun dari kadar seharusnya, maka tubuh secara langsung akan meminta penggantian kadar air yang hilang, dan oleh sebab itulah kita memerlukan minum. Demikian pula halnya jika saat kadar air sudah lebih dari cukup, maka tubuh akan mengeluarkan kelebihan air itu melalui saluran urin. Seringnya buang air kecil setiap hari tergantung pada kebiasaan, banyaknya cairan yang diminum, udara dingin, dan kekuatan otot kandung kemih.

Jika kehilangan kadar air tidak segera diganti, maka kadar air tubuh akan semakin turun sehingga kadarnya di bawah kadar normal, dan tubuh akan mengalami dehidrasi.

…………………………………………………………………………………………………………….

Perkuat Imunitas Tubuh

24/07/2009 | Baca : 3500 | Komentar : 2Sistem imun adalah sistem pertahanan alami tubuh, terdiri atas rangkaian rumit yang terdiri atas sel, jaringan, serta organ-organ yang menyatu satu sama lain untuk menghalau subtansi asing (bakteri, virus, parasit, jamur) yang masuk ke dalam tubuh.

Bakteri, virus, parasit, jamur yang berada di mana-mana (sekolah, rumah, kantor, dan tempat-tempat lainnya berpotensi menimbulkan munculnya penyakit. Sistem imun yang sehat akan menjaga tubuh. Bagaimana caranya?
– Membangun hambatan yang akan menghentikan bakteri, virus, parasit, jamur memasuki tubuh.

  1. Jika salah satunya dapat melewati hambatan, maka sistem imunitas akan memproduksi sel-sel darah putih, berbagai zat kimia, dan protein lainnya yang akan menyerang dan menghancurkan subtansi asing tersebut sebelum sempat bereproduksi.
  2. Jika cara tersebut gagal, sistem imunitas akan memproduksi semakin banyak zat penyerang untuk menghancurkan subtansi asing yang telah bereproduksi.

Sistem imunitas dapat mengenai berbagai macam subtansi asing berbeda. Sistem imunitas dapat mempoduksi zat penyerang yang diperlukan untuk menyerang hampir semua jenis subtansi asing tersebut. Sistem imunitas terus bekerja sepanjang tahun karena harus terus menerus memberikan pertahanan terhadap segala macam subtansi asing dari dalam (racun yang mengendap) dan luar tubuh (udara, dan makanan yang berasal dari sumber yang telah tercemar, pengawet makanan, pewarna, perasa buatan, hewan ternak, tumbuh-tumbuhan yang berkembang biak dengan pupuk dan bahan kimia lainnya).

Ada beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya sistem imunitas, antara lain:

  1. Usia
    Semakin muda seseorang fungsi sistem imunitasnya belum sempurna.
  2. Kematangan saluran cerna.
  3. Lingkungan yang tidak bersih.
  4. Infeksi
  5. Status gizi.
  6. Penyakit kronis yang diderita, seperti jantung, kanker, atau kelainan darah.

Beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain:

  1. Hindari penggunaan antibiotik yang berlebihan dan tidak rasional karena dapat mengakibatkan mudah terserang penyakit lebih lama, dan juga sulit diatasi karena kuman telah kebal.
  2. Tidur yang cukup. Kurang tidur dapat berakibat buruk bagi daya tahan tubuh.
  3. Hindari alkohol, rokok, dan narkoba.
  4. Hindari berdekatan dengan peroko (menjadi perokok pasif).
  5. Mengkonsumsi air minimal 2 liter setiap harinya.
  6. Mengkonsumsi makanan yang baik dan seimbang.
  7. Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air yang mengalir.
  8. Mendapat cukup sinar matahri dan udara segar yang bersih.
  9. Olahraga teratur.
  10. Mengenadalikan emosi dan stres.
  11. Bekerja dan beristirahat secara seimbang. Biasakan untuk tidur malam 7 hingga 8 jam setipa hari

………………………………………………………………………………………………….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s