Bahaya Menghirup Asap Kendaraan

 Bahaya Menghirup Asap Kendaraan – Asap knalpot kendaraan bermotor sudah menjadi pemandangan yang biasa apalgi di kota-kota besar yang memiliki jumlah kendaraan bermotor yang sangat banyak. Ditambah lagi dengan mudahnya orang untuk memiliki kendaraan bermotor maka dapat dipastikan bahwa jumlah kendaraan bermotor akan terus bertambah setiap tahunnya. Beberapa studi epidemiologi menyimpulkan bahwa adanya hubungan erat antara tingkat pencemaran udara di perkotaan dengan presentase peningkatan penyekit pernapasan.
Bahaya Menghirup Asap Kendaraan
Asap knalpot sendiri dapat memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, misalnya dari penyakit yang paling ringan seperti pusing-pusing, sesak nafas, mual-mual, hingga penyakit asma dan penyakit jantung. Akan tetapi efek dari asap kendaraan tersebut tidak akan dirasakan secara langsung karena dibutuhkan waktu yang lama untuk merasakan gejalanya, karena asap knalpot yang mengandung unsur CO2 dan gas lain yang berbahaya akan merusak organ kita sedikit-demi sedikit. Adapun beberapa zat yang terkandung dalam asap kendaraan yang memiliki efek buruk bagi kesehatan kita, antara lain :
  • Karbon Monoksida. Gas ini bersifat racun dan dapat menyebabkan rasa sakit pada mata, saluran pernafasan dan paru-paru. Jika gas ini masuk ke dalam darah melalui pernafasan, karbon monoksida akan bereaksi dengan hemoglobin dalam darah hingga dapat membentuk COHb (karbon hemoglobin)
  • Oksida Nitrogen. NOx bereaksi dengan bahan-bahan pencemar lain dan dapat menimbulkan fenomena asap kabut smog. Smog dapat menyebabkan berkurangnya daya pandang, iritasi pada mata dan saluran pernafasan dan juga dapat menyebabkan tanaman layu serta menurunkan kualitas materi.
  • Oksida Blerang. Apabila oksida blerang terhisap oleh pernafasan maka oksida blerang ini akan bereaksi dengan air dalam saluran pernafasan dan membentuk asam sulfat yang dapat merusak jaringan dan menimbulkan rasa sakit. Oksida blerang juga dapat larut dalam air hujan dan dapat menyebabkan hujan asam
Gas knalpot (terutama senyawa CO akibat pembakaran tidak sempurna) yang terhirup manusia ternyata lebih memikat darah kita dari pada oksigen. CO yang masuk ke dalam setiap jaringan tubuh melalui darah akan akan tersebebar ke seluruh tubuh kita. Dan yang akan terjadi selanjutnya adalah kerusakan organ mulai dari paru-paru, jantung dan juga otak. Dari sebuah hasil penelitian juga diungkapkan bahwa setelah 3 jam kita berkendara dan menghirup asap knalpot maka kita akan mulai merasa pusing dan juga ngantuk karena kadar oksigen dalam tubuh yang sedikit. Makanya tidak heran kalau banyak pemudik yang sering mengalami hal tersebut. Untuk itu  kalau boleh saran gunakanlah masker agar kita bisa terhindar dari polusi asap kendaraan tersebut dan juga jika kita memang akan berkenadara jauh yang memakan waktu cukup lama maka jangan lupa istirahat jika kita sudah mulai merasa ngantuk dan pusing. Nah itu dia artikel singkat mengenai Bahaya Menghirup Asap Kendaraan, semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kita. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s