Rahasia Sehat di Balik Makanan ‘Pedas’

Rasa pedas yang dikeluarkan makanan dan dirasa oleh lindah tidak hanya sebagai penambah nafsu makan, melainkan juga memiliki manfaat mengatasi beragam penyakit. Benarkah?
Selama berabad-abad, cabai telah digunakan sebagai obat untuk peradangan serta melancarkan sirkulasi darah. Faktanya, dengan darah yang mengalir lebih cepat, tubuh akan lebih cepat menggantikan sel-sel rusak dan juga mengeluarkan toksin dari tubuh.

Berdasarkan beberapa penelitian, cabai dan makanan ‘pedas’ yang berasal dari rempah-rampah memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

Melancarkan pernapasan

Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik.

Menjaga mood

Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

Memperbaiki fungsi pencernaan

Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.

Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

Flu

Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

Menyehatkan jantung

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

Turunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung.

Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

———————————————————-

Rahasia Sehat dan Panjang Umur Nenek 93 tahun : Jalan kaki dan makan sayur

Istri saya baru saja berkenalan dengan nenek berusia 93 tahun yang sehat, masih kuat jalan kaki ke mana-mana, dan masih bisa berbelanja sendiri. Nah, apa rahasia kesehatan sang nenek sehingga panjang umur dan masih sehat sampai sekarang? Nenek ini mengatakan, bahwa dalam hidup ini kita harus mempunyai hati yang baik, dan suka berbuat baik pada orang lain. Bila kita berbuat baik, hati kita akan senang dan bahagia, dan orang juga akan berbuat baik pada kita.

Pagi-pagi, nenek ini minum segelas air putih, dan kemudian jalan kaki selama 1 jam. Sampai sekarang masih dilakukan, tetapi sekarang hanya jalan kaki di dalam rumah saja. Untuk makan pagi, nenek in selalu makan havermut dengan segelas susu. Untuk menjaga agar kaki tetap kuat, ialebih suka kamar tidur di lantai atas. Dengan demikian, ia tetap bisa melatih kaki dengan naik turun tangga. Tetapi karena sekarang sudah tua, ia hanya diizinkan tidur di lantai dua saja. Nenek ini juga suka berdoa. Bila berjalan kaki waktu olahraga atau pergi ke tempat lain, maka sambil berjalan kaki ia berdoa dalam hati.

Dalam hal makanan, si nenek in juga lebih suka makan sayur-sayuran. Dalam sebulan, ia puasa duakali. Pada saat puasa, ia hanya makan makanan vegetarian saja, yaitu makanan sayur tanpa daging.Sementara kalau malam hari, ia masih suka menyanyi sambil mengajar lagu-lagu pada cucunya. Kebetulansi nenek pintar menyanyikan lagu Mandarin. Jadi, ia menyanyi sambil mengajar lagu Mandarin pada cucunya.

Nah, dari analisis Energi 5 Elemen, saya mendapatkan Indeks Sehat keseluruhan yang bernilai positif +5. Indeks Sehat pada masing-masing elemen adalah:

  • Elemen kelima Ether: +1. Organ otak, saraf, dan panca indra sehat
  • Elemen keempat Udara: +1. Organ jantung dan paru-paru sehat
  • Elemen ketiga Api: +1. Organ hati, pencernaan, dan arteri & vena sehat
  • Elemen kedua Air: +1. Darah, pankreas, ginjal, dan otot sehat
  • Elemen pertama Bumi: +1. Tulang sehat

Energi Sehat yang seimbang pada seluruh elemen menunjukkan bahwa si nenek ini mengonsumsi cukup banyak minuman dan makanan sehat, yaitu air, havermut, dan sayur-sayuran. Makanan sehat bersifat melancarkan dan menyehatkan energi sehat, sehingga kesehatan merata pada seluruh elemen.

Jalan kaki setiap pagi telah menyehatkan organ tulang pada elemen pertama Bumi dan otot pada elemen pertama Bumi dan elemen kedua Air. Jalan kaki mempunyai Indeks Manfaat keseluruhan +5. Dengan naik turun tangga setiap hari, nenek menyehatkan energi pada 4 elemen, yaitu keempat Udara, elemen ketiga Api, elemen kedua Air, dan elemen pertama Bumi. Naik turun tangga mempunyai Indeks Manfaat keseluruhan +10. Jadi, sebaiknya rumah Anda mempunyai tangga untuk meningkatkan kesehatan.

Menyanyi mempunyai Indeks Manfaat keseluruhan +10. Dengan bernyanyi setiap malam, nenek menyehatkan organ pada 4 elemen, yaitu organ jantung dan paru-paru pada elemen keempat Udara, hati serta arteri dan vena pada elemen ketiga Api, darah dan otot pada elemen kedua Air, serta tulang dan otot pada elemen pertama Bumi. Menyanyi juga membuat hati menjadi gembira, membuat napas menjadi lebih panjang dan dalam, sehingga semakin banyak oksigen yang diserap, dan semakin banyak CO2 yang dibuang. Jadi, ingat-ingatlah kembali lagu kenangan dan lagu kesayangan Anda, dan mulailah bernyanyi setiap malam.

Berdoa sambil berjalan kaki akan menyehatkan seluruh 5 elemen, dengan Indeks Manfaat keseluruhan +5. Sementara berhati baik dan berbuat baik juga akan menyehatkan seluruh 5 elemen, dengan Indeks Manfaat keseluruhan +5.

Resep Sehat dan Panjang Umur dari Nenek:

  • Berhati baik dan berbuat baik
  • Berdoa
  • Rajin jalan kaki dan naik turun tangga
  • Minum air putih sehat segelas setiap pagi
  • Makan havermut dan susu
  • Makan sayur-sayuran yang banyak
  • Puasa 2 x sebulan hanya makan nasi dan sayur
  • Bernyanyi setiap malam.

Salam sehat bahagia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s