Perbedaan Proyeksi Amerika dan Proyeksi Eropa

Gambar proyeksi, proyeksi amerika, proyeksi eropa

Di bawah ini ilustrasi yang menggambarkan perbedaan antara proyeksi Amerika dan Eropa dalam gambar teknik. Perlu diketahui bahwa proyeksi Amerika disebut juga proyeksi sudut ketiga/kwadran ketiga dan proyeksi Eropa disebut juga proyeksi Sudut pertama/kwadran pertama.

Dalam video berikut akan diterangkan secara gamblang, bagaimana cara membuat proyeksi amerika bagi anda yang mungkin masih bingung menggambar proyeksi gambar 3 dimensi ke gambar 2 dimensi ( karena dalam tulisan ini saya tidak akan menjelaskannya secara detil melainkan hanya menerangkan letak perbedaan penempatan gambar proyeksi pada gambar ):

http://www.youtube.com/watch?v=PXgkBadGHEE&feature=player_embedded

Saya sengaja memberikan ilustrasi video dengan proyeksi amerika, karena proyeksi amerika adalah proyeksi yang paling masuk akal untuk dibayangkan. Nah! kalau kita telah mengetahui cara menyusun Gambar pada proyeksi amerika maka otomatis kitapun dapat menyusun gambar pada proyeksi Eropa dengan benar. Kenapa? karena ternyata peletakan posisi gambar pada proyeksi amerika hanya merupakan kebalikan dari proyeksi Eropa tanpa merubah isi gambar. Klo bingung lihat Ilustrasi gambar di bawah.

Ini adalah gambar benda kerja yang akan diproyeksi

Gambar 1

Dari gambar di atas

A merupakan pandangan dari depan

B merupakan pandangan dari kiri

C merupakan pandangan dari kanan

D merupakan pandangan dari atas

E merupakan pandangan dari bawah

Maka Susunan proyeksi Amerika dari gambar 1 tersebut seperti di bawah ini :

Proyeksi Amerika

Nah, jika Anda sudah memahami letak dan posisi proyeksi Amerika, maka dengan mudah anda akan mengetahui letak penempatan proyeksi Eropa dimana View C yang terletak di sebelah kanan tinggal ditukar dengan View B yang terletak di sebelah kiri, demikian pula Gambar View D yang berada di sebelah atas dipertukarkan dengan View E yang berada di bagian bawah. View A tetap pada posisi semula. Maka akan diperoleh gambar proyeksi Eropa sebagai berikut :

Proyeksi Eropa

Gimana, Mudahkan….

O..ya..nih satu hal yang penting untuk di taruh di etiket gambar, yakni lambang proyeksi Amerika dan Eropa supaya gak ketukar-tukar simbolnya.

Simbol proyeksi Amerika dan Eropa

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s